AGISTINA, PUTRI NAHARIN (2024) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK DENGAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) MATERI PERKEMBANGBIAKAN MAKHLUK HIDUP KELAS VI SDN GAYAMSARI 01 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
PUTRI NAHARIN AGISTINA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Putri Naharin Agistina. NPM 17120180. “Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik
Dengan Metode Certainty Of Response Index (CRI) Materi Perkembangbiakan
Makhluk Hidup Kelas VI SDN Gayamsari 01 Semarang”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Dosen Pembimbing I Diana Endah H., M.Pd. Dosen Pembimbing II
Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Adanya kesalahan konsep yang terjadi pada siswa SD N Gayamsari 01
Semarang tersebut maka sangat penting untuk dilakukan identifikasi miskonsepsi
siswa secara menyeluruh sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep
perkembangbiakan makhluk hidup. Pengidentifikasian miskonsepsi ini dilakukan
dengan menggunakan metode Certainty of Response Index (CRI). Certainty of
Response
Index
(CRI)
merupakan
teknik
dengan
pengukuran
tingkat
keyakinan/kepastian responden dalam menjawab setiap pertanyaan yang
diberikan.
Fokus permasalahan pada penelitian ini yaitu tingkat miskonsepsi materi
perkembangbiakan makhluk hidup pada peserta didik dengan menggunakan
metode Certainty of Response Index (CRI); dan penyebab terjadinya miskonsepsi
materi perkembangbiakan makhluk hidup pada peserta didik kelas VI SDN
Gayamsari 01 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripsi. Sumber data
penelitian berasal dari guru-guru SD Negeri Gayamsari 01 dan peserta didik SD N
Gayamsari 01. Data yang digunakan dalam penelitian adalah hasil tes diagnostik,
observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan
meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat miskonsepsi materi
perkembangbiakan makhluk hidup dengan menggunakan metode CRI pada siswa
kelas VI SDN Gayamsari 01 Semarang termasuk dalam kategori sedang dengan
rata-rata persentase sebesar 56,66%. Penyebab terjadinya miskonsepsi materi
perkembangbiakan makhluk hidup pada peserta didik kelas VI SDN Gayamsari
01 Semarang yaitu berasal dari siswa yang memiliki prakonspsi dan pemikiran
asosiatif; dan faktor pelaksanaan pembelajaran yang tidak sesuai dengan langkah-
langkah atau sintak dalam model PjBL.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang dapat diberikan yaitu guru
perlu memberikan perlakuan yang berbeda seperti pembelajaran tambahan yang
menekankan pada pemahaman konsep IPA khususnya perkembangbiakan
makhluk hidup bagi siswa yang memiliki tingkat miskonsepsi yang tinggi.
Hendaknya sekolah menyediakan fasilitas, sarana prasarana pembelajaran IPA
yang dapat mendukung pemahaman konsep siswa seperti membuat ekosistem
buatan dilingkungan sekolah sehingga dapat digunakan sebagai media observasi
langsung bagi para siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 04:48 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 04:48 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4761 |