PENGEMBANGAN MEDIA SMART BOX MATERI MENULIS SURAT PRIBADI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR

ALIFA, JIHAN (2024) PENGEMBANGAN MEDIA SMART BOX MATERI MENULIS SURAT PRIBADI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of JIHAN ALIFA-20120096 - Jihan Alifa.pdf] Text
JIHAN ALIFA-20120096 - Jihan Alifa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

JIHAN ALIFA. NPM 20120096. “Pengembangan Media Smart Box Materi
Menulis Surat Pribadi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah
Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang, 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah guru masih
menggunakan metode pembelajaran yang monoton sehingga siswa cenderung
bosan, adanya keterbatasan media pembelajaran, dan belum ada inovasi dalam
media pemelajaran khususnya materi menulis surat pribadi yang menjadikan siswa
kurang memiliki keterampilan menulis. Salah satu upaya untuk memecahkan
permasalahan yang ada adalah melakukan pengembangan media Smart Box
menulis surat pribadi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana rancangan dan
model media Smart Box materi menulis surat pribadi pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia kelas IV SD Negeri Babadan 01 Kabupaten Batang? 2) Bagaimana
kelayakan media Smart Box materi menulis surat pribadi pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Babadan 01 Kabupaten Batang? 3)
Bagaimana hasil pembelajaran dari media Smart Box materi menulis surat pribadi
pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Babadan 01 Kabupaten
Batang?.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan
pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan langkah
pengembangan Borg and Gall yang dibatasi hingga pada langkah ke lima yaitu
revisi produk awal. Hal tersebut berdasarkan keputusan Senat Fakultas yang
memutuskan bahwa mahasiswa Strata 1 (S1) hanya pada tahap lima, jadilah kelima
tahapan itu adalah 1) Penelitian dan pengumpulan data, 2) Perencanaan, 3)
Pengembangan produk awal, 4) Pengujian lapangan awal, 5) Revisi produk awal.
Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Babadan 01 Kabupaten Batang pada tangal
19 Juni 2024.
Berdasarkan pengembangan media Smart box menulis surat pribadi ini
adalah pembelajaran tidak lagi monoton sehingga siswa berpartisipasi aktif dalam
proses pembelajaran, mempermudah guru dalam menyampaikan materi,
mempermudah siswa dalam memahami materi, dan meningkatnya keterampilan
menulis pada siswa. Hasil validasi dari ahli media tahap awal memperoleh
persentase 67,3% setelah dilakukan revisi dan melalui tahap kedua memperoleh
persentase 98,07%. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh persentase 100%.
Hasil penilaian angket respon siswa kelas IV memperoleh persentase 99,7%. Hasil
penilaian angket guru memperoleh persentase 100%.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa bahwa media Smart Box materi
surat pribadi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Babadan
01 Kabupaten Batang yang dikembangkan termasuk dalam kriteria “Sangat Layak”
digunakan dalam pembelajaran. Saran untuk berbagai pihak yaitu dapat
menggunakan media Smart Box untuk menunjang proses pembelajaran yang
inovatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:40
Last Modified: 25 Sep 2024 04:40
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4757

Actions (login required)

View Item
View Item