HANDAYANI, CHILTA AULIA (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS V SD NEGERI SRIGADING. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
CHILTA AULIA HANDAYANI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
CHILTA AULIA HANDAYANI. NPM 20120071. “Pengaruh Model Discovery
Learning Berbantu Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAS
Kelas V SD Negeri Srigading”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas V dan kurang minatnya peserta
didik dengan pembelajaran IPAS. Hal ini terbukti dengan nilai KKM IPAS di SD
Negeri Srigading yaitu 68, dari 28 peserta didik hanya 32, 14% peserta didik yang
mencapai KKM dan 67,86% belum mencapai KKM. Kondisi ini terjadi karena
model dan media yang digunakan oleh guru belum mendukung, guru masih
menggunakan model pembelajaran ceramah dan media yang digunakan bersumber
dari buku.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh model
discovery learning berbantu media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar
IPAS di SD Negeri Srigading?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh model discovery learning berbantu media audio visual dalam
meningkatkan hasil belajar IPAS di SD Negeri Srigading.
Jenis penelitian ini adalah kuenatitatif dengan menggunakan metode
penelitian pre-experimental design dengan desain One Group Pretest Posttest
Design. Populasi dalam dalam penelitisn ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri
Srigading. Sampel yang diambil 20 peserta didik yang diambil menggunakan teknik
probability dengan jenis sample random sampling. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi.
Berdasarkan perhitungan diperoleh rata-rata nilai pretest yaitu 37,5
sedangkan rata-rata nilai posttest yaitu 64,64. Pada saat pretest nilai terendah
peserta didik adalah 10 sedangkan saat posttest nilai terendah peserta didik adalah
40. Hal tersebut diperkuat oleh analisis uji-t dengan perolehan Thitung 11,504>Ttabel
1,729 jadi H0 ditolak yang artinya rata-rata nilai sebelum dan sesudah diberi
perlakuan tidak sama.
Simpulan penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan model dicovery
learning berbantu media audio visual berpengaruh dalam meningkatkan hasil
belajar IPAS kelas V SD Negeri Srigading.
Kata Kunci: Discovery Learning, IPAS, Media Audio Visual
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 04:41 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 04:41 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4756 |