PEBRILIA, PUTRI VINA (2024) PENGEMBANGAN DESAIN PERMAINAN BERBASIS ADVENTURE EDUCATION DALAM KEMAMPUAN KOMUNIKASI KELAS III SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
PUTRI VINA PEBRILIA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
PUTRI VINA PEBRILIA, NPM 20120123. “Pengembangan Desain
Permainan Adventure Education Dalam Kemampuan Komunikasi Kelas III
Sekolah Dasar” , Skripsi Progam Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah belum terlaksanaya
model permainan berbasis Adventure Education dalam kemampuan komunikasi
secara maksimal dan kurangnya komunikasi antara siswa dengan guru maupun
siswa dengan siswa. Rumusan maslah dalam penelitian ini adalah Bagaimana
pengembangan model permainan berbasis adventure education pada siswa kelas
III dan Bagaiman kelayakan model permainan berbasis adventure education
dalam menanamkan komunikasi pada siswa kelas III. Tujuan dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengembangan model permainan berbasis adventure
education pada siswa kelas III dan untuk mengetahui kelayakan model permainan
berbasis adventure education dalam menanamkan komunikasi pada siswa kelas
III.
Penelitian ini termasuk jenid penelitian dan pengembangan atau Research
and Development . pengembangan permainan adventure education ini mengacu
pada model penelitian dan pengembangan ADDIE. Model ini sesuai dengan
namanya, terdiri atas lima fase yaitu, (A)nalysis, (D)esign, (D)evelopment,
(I)mplementation, dan (E)valuation. Penelitian dilaksanakan pada kelas III SDI
NU Pungkuran, SDN Jetaksari dan SDN Karangasem. Hasil dari respon siswa
yang sudah didapat dari siswa berupa skala guttman bentuk “Ya” atau “Tidak”
menyatakan bahwa model permainan adventure education dalam kemampuan
komunikasi sudah layak digunakan.
Hasil penelitian diperoleh dari validasi ahli media dan ahli materi. Hasil
dari ahli materi mendapatkan “90%” dan ahli media mendapatkan “88%”. Hasil
analisis respon guru kelas III SDI NU Pungkuran mendapatkan “87%”, SDN
Jetaksari mendapatkan “100%" dan SDN Karangasem mendapatkan “95%”. Hasil
analisis respon siswa mendapatkan “95%”. Hal ini dapat disimpulkan bah model
permainan adventure education dalam kemampuan komunikasi termasuk dalam
katagori “sangat layak digunkan” dalam pembelajaran kelas III Sekolah Dasar.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah,
model permainan adventure education dalam kemampuan komunikasi berbentuk
permainan kelas III dapat digunakan sebagai salah satu alternative model
pembelajaran yang digunkan guru untuk mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 04:20 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 04:20 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4747 |