KORELASI SUPERVISI AKADEMIK DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TAMAN KANAK-KANAK KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG

Maslihah, Nur Isna (2024) KORELASI SUPERVISI AKADEMIK DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TAMAN KANAK-KANAK KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Nur Isna Maslihah_22510007.pdf] Text
Nur Isna Maslihah_22510007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Maslihah, Nur Isna, 2024. “Korelasi Supervisi Akademik dan Budaya Kerja
terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Taman Kanak-Kanak Kecamatan Bergas
Kabupaten Semarang”. Tesis. Pembimbing I Dr. Endang Wuryandini, M.Pd, dan
Pembimbing II Dr. Nurkolis, MM
Permasalahan kompetensi pedagogik yang sering ditemui adalah guru
dinilai belum mampu mengelola pembelajaran secara maksimal, perancangan dan
pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan potensi
peserta didik serta kesulitan dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran.
Tujuan penelitian ini (1) mengetahui korelasi supervisi akademik terhadap
kompetensi pedagogik guru (2) mengetahui korelasi budaya kerja terhadap
kompetensi pedagogik guru (3) mengetahui korelasi supervisi akademik dan
budaya kerja secara bersama-sama terhadap kompetensi pedagogik guru Taman
Kanak-Kanak di Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang.
Populasi penelitian ini adalah guru pada 22 Taman Kanak-Kanak di
Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang yang berjumlah 114 orang, sampel
penelitian 89 guru yang dipilih dengan proportional random sampling pada tiap
sekolah. Uji validitas, reliabilitas dan uji persyaratan regresi, uji regresi tunggal
dan regresi ganda menggunakan program SPSS for Windows versi 23.
Temuan hasil penelitian (1) supervisi akademik korelasi positif dan
berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pedagogik guru sebesar 52,3%
sisanya dipengaruhi variabel lain, (2) budaya kerja korelasi positif dan
berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pedagogik guru sebesar 52,0%
sisanya dipengaruhi variabel lain, (3) supervisi akademik dan budaya kerja secara
bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pedagogik guru
sebesar 55,2%,
Saran dan implikasi (1) Kepala sekolah bersama guru merancang program
tindak lanjut supervisi akademik dalam kegiatan workshop atau IHT pada setiap
semester. (2) Kepala sekolah lebih intesif dalam melakukan supervisi akademik
yang terkait pengelolaan kelas dan pengusaan karakteristik peserta didik, (3)
Kepala sekolah lebih intensif dalam mendampingi guru dalam membuat rencana
program pembelajaran.
Kata Kunci: supervisi, budaya kerja, kompetensi pedagogik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Sep 2024 03:56
Last Modified: 25 Sep 2024 03:56
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4728

Actions (login required)

View Item
View Item