PENGEMBANGAN MEDIA PAPER BOOK INTERAKTIF PADA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA KELAS IV SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH DASAR

RAHMAWATI, AYU (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PAPER BOOK INTERAKTIF PADA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA KELAS IV SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of AYU RAHMAWATI.pdf] Text
AYU RAHMAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

AYU RAHMAWATI. NPM 20120231. “Pengembangan Media Paper
Book Interaktif pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya Kelas IV sebagai
Pendukung Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Semarang. Filia Prima Artharina, S.Pd., M.Pd selaku Dosen Pembimbing I
dan Choirul Huda, S.Si., S.Pd., M.Si., M.Pd selaku Dosen Pembimbing II. 2024.
Penelitian ini di latarbelakangi oleh pembelajaran yang masih cenderung
menggunakan metode menjelaskan, dalam materi Wujud Zat dan Perubahannya
tujuan
pembelajaran
belum
tercapai
secara
optimal
sehingga
berpengaruh
terhadap
keefektifan
belajar
peserta
didik.
Saat
pembelajaran
belum
menggunakan
media
pembelajaran
yang
bervariasi
untuk
mendukung
pembelajaran berdiferensiasi. Salah satu upaya yang dapat digunakan yaitu
melalui media Paper Book Interaktif.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kevalidan
pengembangan media pembelajaran paper book interaktif pada materi wujud zat
dan perubahanya kelas IV sebagai pendukung pembelajaran berdiferensiasi di
sekolah dasar?, 2) Bagaimana respon guru dan siswa terhadap media paper book
interaktif pada materi wujud zat dan perubahanya kelas IV sebagai pendukung
pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar berdasarkan kriteria kepraktisan?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepraktisan produk pengembangan
media Paper Book Interaktif sebagai Pendukung Pembelajaran Berdiferensiasi
pada peserta didik kelas IV.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kayen 04 pada tanggal 29 Juli
2024. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Kayen 04
sebagai kelas uji coba produk dengan jumlah peserta didik 20 oarang. Penelitian
ini menggunakan metodologi penelitian Research and Development (R&D).
Metode penelitian dan pengembagan digunakan untuk menghasilkan produk
tertentu dan menguji kepraktisan produk tersebut. Produk yang dihasilkan dalam
penelitan ini adalah Media Paper Book Interaktif dilakukan berdasarkan langkah-
langkah pengembangan Bord and Gall.
Pengolahan data diambil dari validasi materi IPAS, validasi ahli media,
validasi respon pendidik, dan angket respon peserta didik. Hasil analisis pada
validasi ahli materi 94% sangat layak, ahli validasi media 98% sangat layak,
angket respon peserta didik 96% sangat layak, dan angket respon peserta didik
98% sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa media Paper Book Interaktif efektif
dalam pembelajaran pada materi Wujud Zat dan Perubahnnya.
Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah pengembangan media
Paper Book Interaktif efektif sebagai pendukung pembelajaran berdiferensiasi
pada peserta didik SD kelas IV. Saran dari peneliti adalah pendidik diharapkan
da[at menciptakan media pembelajaran yang bervariasi untuk menarik perhatian
peserta didik.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Paper Book Interaktif, Kurikulum Merdeka,
Pembelajaran Berdiferensiasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Sep 2024 03:50
Last Modified: 25 Sep 2024 03:50
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4725

Actions (login required)

View Item
View Item