KUSUMANINGTIAS, INTAN SABILA (2024) ANALISIS PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD ISLAM AL FATTAH SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
INTAN SABILA KUSUMANINGTIAS 20120206.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
INTAN SABILA KUSUMANINGTIAS. NPM 20120206. “Analisis Pemberian
Reward Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD Islam Al
Fattah Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Diana Endah Handayani,
M.Pd. pembimbing 1 dan Wawan Priyanto, M.Pd. pembimbing 2. 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar yang kurang memuaskan
dan rendahnya motivasi siswa. Siswa sering kali merasa bosan dan tidak tertarik
dalam mengikuti pelajaran bahasa Indonesia sehingga mengakibatkan prestasi
belajar kurang optimal. Fokus utama penelitian ini adalah untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan berikut: “Bagaimana implementasi pemberian reward
terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III?”, “Apa saja jenis-jenis
pemberian reward terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III?”, dan
“Bagaimana dampak pemberian reward terhadap hasil belajar bahasa Indonesia
siswa kelas III SD Islam Al Fattah Semarang?”. Tujuan yang hendak dicapai
dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pemberian
reward terhadap hasil belajar, mengetahui dan mendeskripsikan jenis-jenis
pemberian reward terhadap hasil belajar, serta mendeskripsikan dampak
pemberian reward terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III SD
Islam Al Fattah Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif.
Untuk
menjamin
keakuratan,
peneliti
menerapkan
triangulasi
dengan
memanfaatkan berbagai sumber dan teknik. Data dikumpulkan dari beberapa
informan, antara lain kepala sekolah, wali kelas, dan siswa kelas III. Begitu pula
dalam pengumpulan data pelaksanaan reward di lingkungan SD Islam Al Fattah
Semarang, teknik pengumpulan yang digunakan sama, namun dengan sumber
data yang berbeda yaitu angket, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang dilakukan di SD Islam Al Fattah Semarang
mengungkapkan bahwa pemberian reward mempunyai pengaruh langsung
terhadap tingkat motivasi belajar siswa kelas III pada mata pelajaran bahasa
Indonesia asalkan dilakukan dengan baik dan sesuai. Dalam kaitannya dengan
pembelajaran, guru menerapkan metode reward untuk memberikan motivasi
kepada siswa agar lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran. Peran guru
sangat berpengaruh pada dampak yang akan diterima oleh siswa. Tujuan
pemberian reward adalah untuk mendorong siswa menjadi lebih aktif dalam
usahanya dan mengupayakan perbaikan. Siswa mendapatkan reward dari verbal
maupun non verbal seperti pujian, hadiah, penghargaan dan tanda penghormatan.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah guru
diharapkan lebih kreatif dan inovatif dengan menciptakan bentuk reward yang
baru serta dapat dikembangkan lebih lanjut. Bagi siswa diharapkan tetap giat
belajar dengan baik dengan adanya reward maupun tidak ada reward.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 03:44 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 03:44 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4721 |