KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERTIPE HOTS MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN GAYA BELAJAR KOLB

Juliati, Intan Indah (2024) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERTIPE HOTS MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN GAYA BELAJAR KOLB. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Intan Indah Juliati.pdf] Text
Intan Indah Juliati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Siswa memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi berbeda-beda
berdasarkan cara siswa menyelesaikan suatu permasalahan matematika.
Ketrampilan berpikir kritis siswa dan kemampuan siswa dalam matematika
terutama dalam Higher Order Thinking Skills (HOTS) di Indonesia masih
rendah. Gaya Belajar Kolb termasuk gaya belajar yang paling efektif,
terutama dalam hal memecahkan masalah dengan menggunakan
pendekatan membangun strategi dan mengembangkan strategi tersebut
dalam pembentukan konsep. Tujuan penelitiaan ini untuk mendeskripsikan
kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII disalah satu SMP di Kota
Semarang yaitu SMP Institut Indonesia Semarang dalam menyelesaikan
soal bertipe HOTS dengan gaya belajar kolb. Jenis penelitian yang
dilakukan adalah penelitian deksripsi kualitatif. Pemilihan subjek dilakukan
berdasarkan hasil angket gaya belajar kolb, delapan siswa dipilih dari 25
siswa kelas VIII D. Siswa tersebut terdiri 2 siswa dengan gaya belajar
assimilator, 2 siswa dengan gaya belajar diverger, 2 siswa dengan gaya
belajar konverger, dan 2 siswa dengan gaya belajar accomodator. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes
tertulis dan wawancara. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan
triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian berdasarkan tes tertulis dan
wawancara diperoleh 1) subjek dengan gaya belajar assimilator dapat
memunculkan indikator berpikir kritis focus, reason, inference, situation,
clarity dan overview. 2) subjek dengan gaya belajar diverger dapat
memunculkan indikator berpikir kritis reason, inference, situation dan
clarity. 3) subjek dengan gaya belajar assimilator dapat memunculkan
indikator berpikir kritis focus, reason, situation dan clarity. 4) subjek
dengan gaya belajar accomodator dapat memunculkan indikator berpikir
kritis reason, inference dan situation.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Bangun Ruang Sisi Datar, Gaya
Belajar Kolb.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Sep 2024 03:35
Last Modified: 25 Sep 2024 03:35
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4715

Actions (login required)

View Item
View Item