PENERAPAN APLIKASI KAHOOT DALAM PEMBELAJARAN AKSARA JAWA BAGI SISWA KELAS VII SMPN 2 KESESI

RATU, AURORA KUSUMA (2024) PENERAPAN APLIKASI KAHOOT DALAM PEMBELAJARAN AKSARA JAWA BAGI SISWA KELAS VII SMPN 2 KESESI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of AURORA KUSUMA RATU.pdf] Text
AURORA KUSUMA RATU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

urora Kusuma Ratu “ Penerapan Aplikasi Kahoot dalam Pembelajaran
Aksara Jawa Bagi Siswa SMPN 2 Kesesi”. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa
dan Seni. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Yuli Kurniati W, S.S.,
M.A., Pembimbing II Alfiah, S.Pd, M.Pd. 2024
Kata kunci : Media Aplikasi Kahoot, Aksara Jawa, Membaca Aksara Jawa
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan Aplikasi
Kahoot pada materi Aksara Jawa pada kelas VII SMPN 2 Kesesi pada tahun ajar
2024/2025. Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan membaca
aksara jawa siswa serta penggunaan media pembelajaran yang kurang sesuai
sehingga pembelajaran menjadi membosankan, sulit dipahami serta siswa
terkesan kurang aktif. Berhubungan dengan masalah tersebut maka rumusan
masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana hasil penerapan media Kahoot dalam
pembelajaran membaca aksara Jawa siswa kelas VII SMPN 2 Kesesi.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-shoot
case study dengan hanya menggunakan satu kelas tanpa kelompok kontrol atau
perbandingan. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu
kuantitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara observasi
serta penyebaran angket peserta didik. Sedangkan tehnik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan tehnik tes dan nontes.
Adapun hasil penelitian ini diperoleh setelah dilakukanya analisis data
sebagai berikut : hasil penelitian menjelaskan bahwa dari 34 siswa terdapat 24
siswa yang tuntas dengan presentase sebesar 71% dan sebanyak 10 siswa dengan
presentase 29% tidak tuntas. Nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil belajar siswa
79,4 lebih tinggi dari nilai KKM yaitu 75. Selain itu perolehan data lembar angket
juga menunjukan bahwa media Kahoot dapat membantu siswa lebih aktif serta
dapat mendorong semangat dan motivasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Sep 2024 03:29
Last Modified: 25 Sep 2024 03:29
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4712

Actions (login required)

View Item
View Item