Widayanti, Asri (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR ROLL DEPAN SENAM LANTAI SISWA KELAS X SMAN 1 SUBAH. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ASRI WIDAYANTI 19230012.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Asri Widayanti, “Penerapan Model Pembelajaran STAD (Student Teams
Achievement Division Dan PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar
Roll Depan Senam Lantai Siswa Kelas X SMA N 1 Subah”, Fakultas Pendidikan
Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2024.
Latar belakang penelitian adalah kurangnya pengetahuan akan pentingnya
pendidikan jasmani oleh siswa dan terbatasnya kreatifitas pendidik yang
disebabkan oleh tidak keterbatasan kemampuan pendidik akan materi
pembelajaran. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana model
pembelajaran STAD dan PBL dapat mempengaruhi pembelajaran penjas dalam
materi senam lantai roll depan.
Penelitian yang dijalankan di SMA N 1 Subah ini menggunakan two group
pretest-posttest design dengan keleas X.E1 dan X.E2 menjadi sampel penelitian
dari keseluruhan populasi kelas X. Variabel bebas dalam penelitian berupa model
pembelajaran STAD diterapkan pada kelas X.E1 dan model pembelajaran PBL
diterapkan pada kelas X.E2. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian adalah
hasil belajar roll depan materi senam lantai.
Dari data yang diperoleh selama penelitian kemudian diolah untuk menguji
hipotesis yang ditetapkan dalam penelitian menggunakan software computer IBM
SPSS versi 25. Uji yang dilakukan adalah test of normality atau uji normalitas yang
memperoleh kesimpulan bahwa data berdistribusi normal. Uji selanjutnya adalah
test of homogeneity atau uji homogenitas yang memperoleh kesimpulan bahwa data
bersifat homogen. Uji hipotesis pertama menggunakan paired sample test
menunjukkan hasil sig. (2-tailed) sebesar < 0,05. Dan uji hipotesis kedua
menggunakan independent sample test menunjukkan hasil sig. (2-tailed) sebesar <
0,05. Hasil yang diperoleh dari model pembelajaran PBL lebih unggul dengan
perolehan rata-rata kelompok 76,97 berbanding dengan 75,06 yang diperoleh
kelompok STAD.
Dari serangkaian uji yang dilakukan tersebut maka kesimpulan yang
diperoleh adalah bahwa kedua model pembelajaran dalam penelitian memiliki
dampak positif terhadap meningkatnya hasil belajar roll depan senam lantai siswa.
Dan dari kedua model pembelajaran, model pembelajaran STAD terbukti lebih
berpengaruh dibandingkan dengan model pembelajaran PBL terhadap peningkatan
hasil belajar roll depan siswa.
Kata Kunci: STAD, PBL, Roll Depan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 03:21 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 03:21 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4709 |