RAFI, NUR ANISA AINUN (2024) DAMPAK SISTEM ZONASI PADA PRESTASI SMK N 1 BOYOLALI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
NUR ANISA AINUN RAFI-17220017.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Nur Anisa Ainun Rafi, “Dampak Sistem Zonasi Pada Prestasi Smk N 1 Boyolali”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial Dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang, 2024.
Penelitian Ini Dilatar Belakangi Oleh Sistem zonasi yang belum sepenuhnya
mengatasi permasalahan pendidikan diindonesia, sehingga adanya dampak yang
ditimbulkan, salah satunya dengan masuknya peserta didik yang beragam dan
kecakapan prestasi yang beragam pula. Akankah dengan keberagaman tersebut
sekolah mampu mengatasi dan mempertahankan citranya serta prestasi eksternal
sekolah akankah menjadi naik atau dengan kebijakan ini menjadi menurun.
Penelitian ini bertujuan untuk :1) Mendiskripsikan kebijakan sistem zonasi dalam
PPDB di Jawa Tengah. 2) Menganalisis implementasi PPDB dengan sistem zonasi
di SMK N 1 Boyolali. 3) Menganalisis dampak sistem zonasi pada prestasi SMK N
1 Boyolali. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif yang bersifat diskriptif analitis dengan menggnakan metode penelitian
fenomenologi. uji keabsahan data enggunakan triangulasi teknik. anlisis data yang
digunakan dalam penelitian ini mengacu pada Miles dan Huberman (dalam
Hardani, 2020: 163) dibagi dalam tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan.
Ketiga alur tersebut adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data
display) , dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan : 1) implememtasi PPDB sistem zonasi
terlaksana berdasarkan juknis regulasi dari kemendikbud jawa tengah nomor
421/09099 dan gubernur jawa tengah nomor 64 tahun 2018,tujuannya adalah untuk
memeratakan pendidikan dengan sasaran seluruh calon peserta didik yang
berdomisili radius 2 km dari sekolah. 2) penerapan sistem zonasi SMK N 1 Boyolali
menggunakan 3 jalur yaitu jalur prestasi, jalur zonasi, dan jalur afirmasi sesuai
juknisdari kemendikbud jawa tengah dan peraturan gubernur jawa tengah.
Pencatatan administrasi SM N 1 Boyolali menggunakan media sosial untuk
memudahkan peserta didik memantau jurnal kapan saja. PPDB dianggap ideal
ketika dilaksanakan sesuai dengan juknis dan regulasi yang telah ditetapkan yaitu
dengan jalur prestasi,zonsi, dan afirmasi. 3) damak sistem zonasi pada prestasi
SMK N 1 Boyolali dilihat dari kompetensi guru menghadapi siswa yang heterogen
sehinggaberubahnya management sekolah untuk mempersiapkan pembelajaran
sehingga meningkat prestasi peserta didik dan sekolah.
Kata kunci: Kebijakan Sistem Zonsi, Implementasi PPDB, Prestasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 02:57 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 02:57 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4691 |