PENGEMBANGAN MEDIA SMART BOARD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG PERKALIAN KELAS III SEKOLAH DASAR

PUTRA, MUHAMMAD ANDYANSAH (2024) PENGEMBANGAN MEDIA SMART BOARD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG PERKALIAN KELAS III SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Muhammad Andyansah Putra-20120073-1_compressed - Andyansahputra Andy.pdf] Text
Muhammad Andyansah Putra-20120073-1_compressed - Andyansahputra Andy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

MUHAMMAD ANDYANSAH PUTRA. NPM 20120073. “Pengembangan
Media Smart Board untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung
Perkalian Kelas III Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas
PGRI Semarang, 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
pemahaman konsep operasi hitung perkalian dan kurangnya ketersediaan media
pembelajaran yang tepat untuk mendorong proses kegiatan pembelajaran di kelas
III sekolah dasar khususnya di SD Negeri Mojoagung 01 kabupaten Pati.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana ketersediaan media
Smart Board untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung perkalian
kelas III sekolah dasar? 2) Bagaimana langkah pengembangan media Smart Board
untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung perkalian kelas III
sekolah dasar? 3) Bagaimana hasil uji coba pengembangan media Smart Board
untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung perkalian kelas III
sekolah dasar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ketersediaan
media pembelajaran, langkah pengembangan media, serta mendeskripsikan hasil
uji coba terbatas pengembangan media Smart Board untuk meningkatkan
pemahaman konsep operasi hitung perkalian kelas III sekolah dasar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan
pengembangan atau Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk
mengembangkan atau menyempurnakan suatu produk. Dalam penelitian ini
menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian
ini menggunakan test dan non test. Adapun teknik analisis data yang digunakan
yaitu deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SD
Negeri Mojoagung 01 Kabupaten Pati pada tanggal 31 Juli 2024. Subjek pada
penelitian ini siswa kelas III sebanyak 18 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Kurangnya ketersediaan media
pembelajaran matematika kelas III yang hanya terbatas pada buku dan poster. 2)
Langkah pengembangan media Smart Board yaitu a) penelitian dan pengumpulan
data, b) perencanaan, c) pengembangan draf produk, d) uji coba lapangan awal, e)
revisi produk awal. 3) Hasil pengembangan media Smart Board mendapatkan
persentase kevalidan media sebesar 100% dan materi sebesar 98%. Adapun hasil
dari uji coba terbatas mendapat persentase respon siswa sebesar 92% dan respon
guru sebesar 98%. Pada tahap uji keefektifan media menggunakan uji paired
sample t-test memperoleh nilai Sig 0.001 dimana 0,001 < 0,05 dengan keputusan
H1 diterima (terdapat perbedaan rata-rata hasil pretest dan posttest dengan
menggunakan media Smart Board pada pembelajaran matematika materi operasi
hitung perkalian).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Smart Board
efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep
operasi hitung perkalian kelas III sekolah dasar. Saran untuk berbagai pihak dapat
menggunakan media Smart Board untuk menunjang pembelajaran yang inovatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Sep 2024 02:55
Last Modified: 25 Sep 2024 02:55
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4689

Actions (login required)

View Item
View Item