Hasanah, Aprilia Nur Safaatin (2024) Profil Berpikir Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas VIII. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Aprilia Nur Safaatin Hasanah.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Berpikir
matematis
memberikan
pemahaman
perlunya
menggunakan
pengetahuan atau pemahaman konsep matematika dan keterampilan dalam
memecahkan masalah matematika, serta dengan berpikir matematis siswa dapat
belajar untuk mencapai keterampilan yang dibutuhkan dalam belajar mandiri.
Penelitian ini bertujuan untuk profil berpikir matematis siswa dalam
memecahkan masalah sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan
kecerdasan logis matematis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian
deskriptif . Pengambilan sampel pada penelitian menggunakan purpose sampling
yaitu 6 siswa kemudian setiap 2 siswa di ambil berdasarkan kriteria-kriteria
tertentu yaitu berdasarkan kategori kecerdasan logis matematis tinggi,
kecerdasan logis matematis sedang dan kecerdasan logis matematis rendah.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
menggunakan angket kecerdasan logis matematis, kecerdasan logis matematis,
dan wawancara yang dibutuhkan untuk memperoleh data pendukung. Dari hasil
penelitian ini didapatkan bahwa siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi
sudah memenuhi indikator entry, attack, dan review. kecerdasan logis matematis
sedang sudah memenuhi indikator entry, sedangakan indikator attack, dan
review belum memenuhi, dan kecerdasan logis matematis rendah belum
memenuhi indikator entry, attack, dan review
Kata Kunci: Berpikir Matematis, Pemecahan Masalah, kecerdasan logis
matematis
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 02:52 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 02:52 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4683 |