DAMAYANTI, INDAH (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN CANDISARI KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
INDAH DAMAYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
INDAH DAMAYANTI. NPM 20120367. “Impelementasi Projek Penguatan Profil
Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Candisari Kota Semarang”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya pemahaman
guru mengenai projek penguatan profil pelajar Pancasila serta kurangnya sarana
dan prasana yang mendukung proses berjalannya Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana pembentukan tim fasilitator Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Candisari
Kota Semarang, bagimana pengidentifikasian Tahapan Kesiapan Satuan
Pendidikan dalam Menjalankan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di
Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Candisari Kota Semarang, bagaimana
percancangan dimensi, tema, dan alokasi waktu Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Candisari Kota Semarang,
bagaimana penyusunan modul dan tujuan pembelajaran Projek Penguatan Profil
Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Candisari Kota Semarang,
bagaimana pengembangan topik, alur aktivitas, dan asesmen Projek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Candisari Kota
Semarang, bagiamana kategori implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Candisari Kota Semarang.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan angket mendesain Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila. Angket diberikan kepada kepala sekolah di empat Sekolah Dasar Negeri
Kecamatan Candisari Kota Semarang.
Hasil penelitian dapat disimpulkan dari empat Sekolah Dasar Negeri Kecamatan
Candisari Kota Semarang dalam pelaksanaan proses mendesain Projek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila sudah baik. Sekolah telah melaksanakan tujuh tahapan
dalam proses mendesain projek profil meskipun dalam beberapa tahap masih belum
dilakukan secara menyeluruh.
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan maka penulis mengajukan saran
bagi sekolah untuk lebih memaksimalkan lagi proses mendesain projek penguatan
profil pelajar Pancasila dengan mengadakan seminar dan pelatihan untuk guru
sehingga dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik dan sesuai.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 02:37 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 02:37 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4679 |