AMALIA, HARDITA DWI ENDAH (2024) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI MISI PANTUN (MOSIPAN) UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
HARDITA DWI ENDAH AMALIA (20120086).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
HARDITA DWI ENDAH AMALIA, NPM 20120085. “Pengembangan Media
Monopoli Misi Pantun (Mosipan) Untuk Pembelajaran Menulis Pantun Pada Siswa
Kelas V Sekolah Dasar”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Mei Fita
Asri Untari, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Muhammad Arief Budiman, S.S.,
M.Hum. 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pada proses kegiatan
pembelajaran masih ada siswa yang bermain dan berbicara dengan temannya. Hal
ini disebabkan karena siswa merasa bosan dan tidak mau mendengarkan penjelasan
guru serta penggunaan media pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakter
siswa dalam mengajarkan materi pantun. Oleh karena itu, guru dan siswa
membutuhkan media pembelajaran yang menarik dan inovatif.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) memenuhi kebutuhan keterampilan
menulis pantun dengan media monopoli misi pantun (mosipan) pada siswa kelas V
sekolah dasar; 2) mengetahui kevalidan pengembangan media monopoli misi
pantun (mosipan) untuk keterampilan menulis pantun pada siswa kelas V sekolah
dasar; 3) mengetahui keefektifan media monopoli misi pantun (mosipan) untuk
keterampilan menulis pantun pada siswa kelas V sekolah dasar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan
(research and development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis,
Design,
Development,
Implementation,
and
Evaluation).
Penelitian
ini
dilaksanakan di tiga sekolah dasar diantaranya SD Negeri Rejosari 2, SD Negeri
Rejosari 3, dan SD Negeri Karangtempel.
Berdasarkan hasil pengembangan bahwa media monopoli misi pantun
(mosipan) telah sesuai dengan kebutuhan siswa untuk meningkatkan hasil belajar
pada materi menulis pantun di kelas V sekolah dasar. Sementara itu, media
monopoli misi pantun (mosipan) telah memenuhi kriteria valid yang ditinjau
berdasarkan validasi ahli media sebesar 81,25% dan validasi ahli materi sebesar
98,75% dengan kategori sangat baik dan layak digunakan. Media ini telah
memenuhi kriteria praktis yang ditinjau berdasarkan angket rspon guru dan siswa
terhadap media pembelajaran yang memiliki rata-rata 75%-100% dengan kriteria
sangat baik baik dan sangat valid. Selain itu, media monopoli misi pantun
(mosipan) memenuhi kriteria efektif yang ditinjau berdasarkan meningkatnya hasil
belajar siswa di tiga sekolah diantaranya SD Negeri Rejosari 2, SD Negeri Rejosari
3, dan SD Negeri Karangtempel yang dibuktikan dengan perolehan tingkat
signifikasi sebesar 0.000 yang lebih kecil dari 0.005 (0.000 < 0.005). Penggunaan
media tersebut efektif digunakan dalam kegiatan pembelajara pada materi menulis
pantun.
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat disampaikan adalah media
monopoli misi pantun (mosipan) dapat dijadikan guru dan siswa untuk belajar lebih
dalam terkait materi menulis pantun, media ini dapat dimanfaatkan guru sebagai
media pembelajaran dalam menjelaskan materi pantun dan dijadikan refrensi untuk
mengembangkan media berbasis permainan, dan bagi peneliti selanjutnya
diharapkan mampu mengembangkan media berbasis permainan lainnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 07:09 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 07:09 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4645 |