Akbar, Khairil (2024) STRATEGI BAURAN PEMASARAN SMA MUHAMMADIYAH 1 TEMANGGUNG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
TESIS-KHAIRIL AKBAR-NPM 21510101 (LENGKAP).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Akbar, Khairil. 2024. “Strategi Bauran Pemasaran SMA Muhammadiyah 1
Temanggung” Tesis. Pembimbing: (1) Dr. Nurkolis, M.M; (2) Dr. I Made
Sudana, M.Pd.,IPM.
Bauran pemasaran adalah seperangkat variabel terkendali untuk membentuk
karakteristik jasa guna mencapai tujuan pemasaran. Tujuan pemasaran dalam
lingkup pendidikan antara lain untuk meningkatkan kuantitas peserta didik pada
suatu lembaga pendidikan sehingga mampu memenangkan kompetisi.
Fokus penelitian ini tentang strategi bauran pemasaran di SMA
Muhammadiyah 1 Temanggung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
dan menganalisis strategi product, price, place, promotion di SMA Muhammadiyah
1 Temanggung.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif.
Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumen. Analisis data
dengan empat tahap, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi
sumber, triangulasi teknik, dan member check.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa (1) product, SMA Muhammadiyah
1 Temanggung menawarkan produk berupa program kelas unggulan,
ekstrakurikuler/ life skill, dan prestasi peserta didik, (2) price, SMA
Muhammadiyah 1 Temanggung menetapkan harga melalui musyawarah
berdasarkan biaya-biaya, memberikan beasiswa Bidik Misi, dan harga pendidikan
relatif lebih mahal namun seimbang dengan layanan, (3) place, lokasi SMA
Muhammadiyah 1 Temanggung berada di kota dan mudah diakses dari daerah
manapun, kondisi lingkungan dan bangunan aman serta nyaman, (4) promotion,
SMA Muhammadiyah 1 Temanggung melakukan promosi melalui brosur,
kalender, banner, baliho, pamphlet, media sosial (whatsapp, facebook, instagram),
pameran dan pertunjukan, kegiatan sosial keagamaan, sosialisasi ke SMP/MTs,
channel youtube, dan siaran televisi.
Kesimpulan bahwa SMA Muhammadiyah 1 Temanggung melakukan
strategi bauran pemasaran dengan baik sesuai tujuan pemasaran. Saran untuk
sekolah agar melakukan perbaikan perencanaan dalam strategi bauran pemasaran
menjadi lebih sistematis berdasarkan hasil evaluasi sebelumnya.
Kata kunci: strategi, bauran pemasaran, SMA Muhammadiyah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 06:35 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 06:35 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4635 |