PENGEMBANGAN MATERI AJAR TEKS BERITA KEARIFAN LOKAL UNTUK TINGKAT SMP KABUPATEN BOYOLALI

Afandi, Yusuf (2024) PENGEMBANGAN MATERI AJAR TEKS BERITA KEARIFAN LOKAL UNTUK TINGKAT SMP KABUPATEN BOYOLALI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Tesis_Yusuf Afandi.pdf] Text
Tesis_Yusuf Afandi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Yusuf Afandi, 2024. Pengembangan Materi Ajar Teks Berita Kearifan Lokal
untuk Tingkat SMP Kabupaten Boyolali. Tesis. Pembimbing: (1) Dr. Nazla
Maharani U, M.Hum; (2) Dr. Ika Septiana, M.Pd.
Pengembangan materi ajar teks berita kearifan lokal di Kabupaten Boyolali telah
dilaksanakan di kelas VII SMP IT Nur Hasan Senting Kabupaten Boyolali.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang
bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan siswa terhadap pengembangan
materi ajar teks berita kearifan lokal untuk tingkat SMP Kabupaten Boyolali dan
(2) mendeskripsikan pengembangkan prototipe materi ajar teks berita kearifan
lokal untuk tingkat SMP Kabupaten Boyolali yang berkualitas baik
Metode yang digunakan adalah model penelitian pengembangan ADDIE
merupakan metode penelitian yang digunakan untuk pengembangan produk
materi ajar, dalam hal ini produk yang dikembangkan adalah materi ajar teks
berita kearifan lokal untuk SMP Kabupaten Boyolali. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif deskriptif, Metode penelitian merupakan proses kegiatan
dalam bentuk pengumpulan data, analisis, dan memberikan interprestasi yang
terkait dengan tujuan penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Bahan ajar dirancang sesuai dengan
permasalahan peserta didik dan sesuai dengan kurikulum merdeka. (2) Uji
validasi isi bahan ajar berada pada kualifikasi sangat baik. (3). Hasil dari
validasi kelayakan isi bahan ajar memperoleh nilai skor 43 dengan kriteria
sangat baik dan kelayakan desain materi bahan ajar memperoleh skor 37 dengan
kriteria sangat baik. (4). , dan penilaian guru dalam uji coba bahan ajar teks
berita memperoleh nilai skor 37 dengan kriteria sangat baik, materi ajar sangat
diterima oleh peserta didik dengan nilai rata-rata 76,15.
Kata kunci: Pengembangan, Materi Ajar, Teks Berita.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Sep 2024 06:21
Last Modified: 24 Sep 2024 06:21
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4633

Actions (login required)

View Item
View Item