Yunitasari, Yeti (2024) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, IKLIM SEKOLAH, DAN KEGIATAN KKG TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN NGAWEN KABUPATEN BLORA. Masters thesis, Universitas PGRI Semarang.
TESIS_Yeti Yunitasari_NPM. 22510058.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Yunitasari, Yeti. 2024. Pengaruh Supervisi Akademik, Iklim Sekolah, Dan
Kegiatan KKG Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Ngawen
Kabupaten Blora. Tesis. Pembimbing I Ngurah Ayu Nyoman Murniati, M. Pd.
dan Pembimbing II Dr. Rosalina BR Ginting, M.Si.
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil pengumpulan data yang
menyatakan bahwa kinerja guru sekolah dasar di Kecamatan Ngawen Kabupaten
Blora masih rendah. Keadaan rendahnya kinerja guru disebabkan karena supervisi
akademik yang kurang baik, iklim sekolah yang tidak kondusif, dan kegiatan
KKG yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
pengaruh supervisi akademik, iklim sekolah, dan kegiatan KKG terhadap kinerja
guru sekolah dasar di Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex post facto.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru sekolah dasar di Kecamatan
Ngawen Kabupaten Blora berjumlah 293 guru yang berasal dari 38 sekolah dasar.
Dari jumlah populasi diperoleh sampel sejumlah 169 guru. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan angket tertutup yang yang terdiri dari angket
kinerja guru, angket supervisi akademik, angket iklim sekolah, dan angket
kegiatan KKG. Uji hipotesis yang dilakukan meliputi uji regresi sederhana dan uji
regresi berganda.
Hasil penelitian adalah: (1) terdapat pengaruh positif supervisi akademik
terhadap kinerja guru. Besarnya pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja
guru adalah 34,8% dan persamaan regresi yang terbentuk Y = 39,428 + 0,523X1;
(2) terdapat pengaruh positip iklim sekolah terhadap kinerja guru. Besarnya
pengaruh iklim sekolah terhadap kinerja guru adalah 52,1% dan persamaan regresi
yang terbentuk Y = 29,773 + 0,702X2. (3) terdapat pengaruh positip kegiatan
KKG terhadap kinerja guru. Besarnya pengaruh kegiatan KKG terhadap kinerja
guru adalah 31,4% dan persamaan regresi yang terbentuk Y = 42,091 + 0,566X3.
(4) terdapat pengaruh positip supervisi akademik, iklim sekolah dan kegiatan
KKG terhadap kinerja guru. Besarnya pengaruh supervisi akademik, iklim
sekolah dan kegiatan KKG terhadap kinerja guru adalah 63,0% dan persamaan
regresi yang terbentuk Y = 4,216 + 0,214X1 + 0,458X2 + 0,279X3.
Disarankan kepada guru untuk meningkatkan kemampuan dalam
menyusun perencanaan pembelajaran. Guru dapat mengikuti bergabagi pelatihan
atau workshop penyusunan perencanaan pembelajaran. Disarankan kepada kepala
sekolah untuk lebih intensif dalam mendampingi guru dalam menyusun
perencanaan pembelajaran. Kegiatan suprvisi akademik bisa difokuskan pada
memberikan bantuan kepada guru dalam penyusunan perencanaan pembelajaran.
Kata kunci : kinerja guru, supervisi akademik, iklim sekolah, kegiatan kkg
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 06:14 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 06:14 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4632 |