IMPLEMENTASI ALGORITMA FREQUENT PATTERN GROWTH (FP- GROWTH) DALAM ADMINISTRASI SERVICE BERBASIS WEB

PRASETYO, NUGROHO DWI (2024) IMPLEMENTASI ALGORITMA FREQUENT PATTERN GROWTH (FP- GROWTH) DALAM ADMINISTRASI SERVICE BERBASIS WEB. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Nugroho Dwi Prasetyo-19670110.pdf] Text
Nugroho Dwi Prasetyo-19670110.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Excellent Computer Semarang merupakan toko penjualan dan pelayanan servis komputer yang terletak di Jl. l. Bulustalan I No.27, Bulustalan, Kec. Semarang Selatan Kota Semarang. Perusahaan tersebut merupakan toko komputer
konvensional yaitu pelanggan meminta jadwal service di tempat atau pelanggan datang ke toko jika ingin melakukan maintenance maupun servis. Selain itu, permasalahan yang sering terjadi yaitu tidak mengetahui pola dalam service pc
maupun laptop dari pelanggan dan persediaan sparepart yang dibeli oleh pelanggan, dan seringkali juga pelanggan melakukan service dan pembelian sparepart untuk service akan tetapi produk yang di cari belum tersedia sehingga
perusahaan akan menerima keluhan dari pelanggan dan mengakibatkan pelanggan berpindah tempat service,selain itu untuk penempatan sparepart service juga berserakan, hal itu mengakibatkan pegawai mendapat masalah dan kesulitan
dalam mencari sparepart yang dibutuhkan, hal itu mengakibatkan terlalu lama pelanggan dalam menunggu konfirmasi dari admin service. Berdasarkan
permasalahan di atas, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sistem Administrasi Service Pada Excellent Komputer Berbasis Web guna meningkatkan
kualitas pelayanan pada Excellent Computer Semarang, serta memudahkan pegawai dalam melakukan servis. Algoritma yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Frequent Pattern Growth (FP-Growth). Berdasarkan pengujian User Acceptance Testing (UAT), menunjukkan hasil yang diperoleh dari 7 responden
yang terdiri dari 6 Teknisi dan 1 Admin Excellent Computer. Hasil penilaian dari segi kemanfaatan (Usefulness), segi kemudahan, dan segi antar muka (UI) didapatkan hasil presentasi rata-rata sebesar 87.7% sehingga di kategorikan layak. Berdasarkan pengujian Black-Box yang telah dilakukan pada 3 responden yaitu Noora Qotrun Nada S.T., M.Eng, Khoiriya Latifah S.Kom., M.Kom, dan Bambang Agus Herlambang S.Kom., M.Kom., sistem Administrasi Service
berbasis website ini layak untuk digunakan karena memiliki tingkat presentase keberhasilan sebesar 100%, yang artinya sistem ini dapat berfungsi dengan baik.
Berdasarkan pengujian White-Box yang telah dilakukan pada halaman perhitungan menggunakan algoritma Frequent Pattern Growth (FP-Growth) kali
ini berhasil menemukan pola aturan asosiasi, fp-tree pada Excellent Computer. Dapat mengetahui pola service konsumen menggunakan data service denganbersamaan. Untuk penelitian selanjutnya apabila menggunakan data yang lebih
banyak dapat meningkatkan nilai support dan confidence untuk mendapatkan rekomendasi yang lebih baik lagi.
Kata Kunci: Excellent Computer, Service Komputer, PHP, Framework Codeigniter, Algoritma FP Growth

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Sep 2024 08:18
Last Modified: 09 Oct 2024 07:13
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4631

Actions (login required)

View Item
View Item