PURTININGSIH, OKTA (2024) PENGARUH PERAN KEPALA SEKOLAH, PROFESIONALISME GURU, DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI KKG KARTINI KAB. BREBES. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
Okta Purtiningsih. 2024. Pengaruh Peran Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru
dan Partisipasi Masyarakat terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di KKG
Kartini Kabupaten Brebes. Semarang : Pascasarjana Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I : Dr. Nurkolis, M. M., Pembimbing II : Dr. Widya
Kusumaningsih, M. Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis :
Peningkatan Mutu Pendidikan di KKG Kartini Kabupaten Brebes (1) Pengaruh
Peran Kepala Sekolah terhadap Mutu Pendidikan (2) Pengaruh Profesionalisme
Guru terhadap Mutu Pendidikan (3) Pengaruh Partisipasi Masyarakat terhadap
Mutu Pendidikan (4) Pengaruh Peran Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru dan
Partisipasi Masyarakat terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di KKG Kartini
Kabupaten Brebes.
Latar belakang penelitian ini adalah kenyataan bahwa Mutu Pendidikan di
KKG Kartini Kabupaten Brebes yang rendah. Supervisi Akademik yang jarang
dilakukan dan Profesionalisme Guru dan Partisipasi Masyarakat merupakan faktor
yang mempengaruhi peningkatan Mutu Pendidikan. Penelitian ini menggunakan
pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ex post facto. Populasi
penelitian adalah semua guru sekolah dasar negeri di KKG Kartini Kabupaten
Brebes berjumlah 108 guru di 9 Sekolah dasar negeri dengan sampel penelitian
sebanyak 30 guru. Analisis penelitian ini meliputi analisis uji normalitas, uji
linieritas, uji multikolinearitas, dan uji homogenitas. Uji hipotesis meliputi uji
regresi sederhana dan uji regresi ganda dengan α=0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh peran kepala
sekolah terhadap mutu pendidikan yang dinyatakan dengan persamaan regresi
sederhana Ŷ= 19,511 + 0,898X1, dengan kontribusi sebesar 91,5%; (2) terdapat
pengaruh profesionalisme guru terhadap mutu pendidikan yang dinyatakan dengan
persamaan regresi sederhana Ŷ = 45,111 + 0,757X2, dengan kontribusi sebesar
79,1%; (3) terdapat pengaruh partisipasi masyarakat terhadap mutu pendidikan
yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana Ŷ = 37,558 + 0,801X3
dengan kontribusi sebesar 84,1% dan (4) terdapat pengaruh peran kepala sekolah,
profesionalisme guru dan partisipasi masyarakat terhadap mutu pendidikan yang
dinyatakan dengan persamaan regresi ganda Ŷ = 19,310 + 0,714 X1 + -0,149 X2 +
0,335 X3 dengan kontribusi sebesar 92,4%.
Saran dari peneliti adalah : (1) menyusun anggaran untuk pengembangan guru
dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan; (2) kepala sekolah hendaknya
selalu berusaha menciptakan perannya untuk selalu memotivasi guru dalam
bekerja sehingga akan berpengaruh dengan meningkatnya mutu pendidikan; dan
(3) guru mengembangkan diri dengan mengikuti pelatihan dan belajar sesuai
dengan keahlian yang dimiliki.
Kata Kunci : Kepala Sekolah sebagai Leader, Kepala Sekolah sebagai Motivator,
Partisipasi Finansial, Partisipasi Moral, Komitmen Guru
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 07:25 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 07:25 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4620 |