Nurkhayati, Nurkhayati (2024) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA SD PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK ANGKATAN 2 DI KABUPATEN TEMANGGUNG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
TESIS_NURKHAYATI Revisi setelah sidang (1).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Nurkhayati. 2024. “Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Budaya
Sekolah dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru SD Pada Program Sekolah
Penggerak Angkatan 2 Kabupaten Temanggung”. Tesis. Pembimbing: (1) Dr.
Ngurah Ayu Nyoman M, M.Pd., (2) Dr. Soedjono , M.Si.
Kinerja guru dapat diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki seorang guru
dalam melaksanakan pembelajaran. Supervisi akademik kepala sekolah, budaya
sekolah, dan disiplin kerja berperan penting dalam meningkatkan kinerja guru.
Optimalnya peran faktor-faktor tersebut memengaruhi kinerja guru. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh supervisi akademik kepala
sekolah terhadap kinerja guru, (2) pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja
guru, (3) pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru, (4) pengaruh supervisi
akademik kepala sekolah, budaya sekolah, dan disiplin kerja secara simultan
terhadap kinerja guru.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD pada Program sekolah
penggerak angkatan 2 Kabupaten Temanggung yang berjumlah 224 orang,
dengan sampel penelitian sebanyak 144 orang. Pengumpulan data menggunakan
kuesioner, sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji
prasyarat, uji hipotesis, dan uji regresi yang diolah dengan SPSS 26 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan (1) supervisi akademik kepala sekolah terhadap
kinerja guru diperoleh nilai t_hitung > t_tabel yaitu 8,991 > 1,976 dan R square
sebesar 0,363. (2) budaya sekolah terhadap kinerja guru diperoleh nilai t hitung >
t tabel yaitu 9,907 > 1,976 dengan nilai R square sebesar 0,409. (3) disiplin kerja
terhadap kinerja guru diperoleh nilai t_hitung > t_tabel yaitu 10,180 > 1,976
dengan nilai R square sebesar 0,422. (4) uji regresi ganda supervisi akademik,
budaya sekolah, dan disiplin kerja terhadap terhadap kinerja guru diperoleh nilai
Fhitung > Ftabel yaitu 86,013 > 2,669 dengan nilai R square 0,648.
Dari hasil tersebut diperoleh kesimpulan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif
dan signifikan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja gurusebesar
36,3%. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan budaya sekolah terhadap
kinerja guru sebesar 40,9%. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin
kerja terhadap kinerja guru sebesar 42,2%. 4) Terdapat pengaruh positif dan
signifikan supervisi akademik kepala sekolah, budaya sekolah, dan disiplin kerja
terhadap kinerja guru dengan kontribusi 64,8%.
Kata kunci: Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Disiplin Kerja,
Kinerja Guru
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 07:19 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 07:19 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4619 |