PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR SEKBIN 4 DAN 7 DI KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES

AKBAR, HASTIAN ARIFAN (2024) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR SEKBIN 4 DAN 7 DI KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of TESIS_HASTIAN ARIFAN AKBAR_21510066_4C.pdf] Text
TESIS_HASTIAN ARIFAN AKBAR_21510066_4C.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Hastian
Arifan
Akbar.
2024.
Pengaruh
Supervisi
Akademik,
Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah
Dasar di Sekbin 4 dan 7 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Semarang :
Pascasarjana Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I : Dr. Ghufron Abdullah,
M. Pd., Pembimbing II : Dr. Rosalina Br Ginting, M. Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis :
Kinerja guru di Sekolah Dasar Sekbin 4 dan 7 Kecamatan Brebes Kabupaten
Brebes (1) Pengaruh Supervisi Akadamik terhadap Kinerja Guru (2) Pengaruh
Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru (3) Pengaruh Iklim
Sekolah terhadap Kinerja Guru (4) Pengaruh Supervisi Akademik, Kepemimpinan
Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di
Sekbin 4 dan 7 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes.
Latar belakang penelitian ini adalah kenyataan bahwa kinerja guru SD di
Sekbin 4 dan 7 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes yang rendah. Supervisi
Akademik yang jarang dilakukan dan Kepemimpinan kepala sekolah, dan Iklim
Sekolah merupakan faktor yang mempengaruhi rendahnya kinerja guru. Penelitian
ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ex post
facto. Populasi penelitian adalah semua guru sekolah dasar di Sekbin 4 dan 7
Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes berjumlah 190 guru dan sampel penelitian
129 guru. Analisis penelitian ini meliputi analisis uji normalitas, uji linieritas, uji
multikolinearitas, dan uji homogenitas. Uji hipotesis meliputi uji regresi
sederhana dan uji regresi ganda dengan α=0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh supervisi
akademik terhadap kinerja guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi
sederhana Ŷ= 27,365 + 0,781X1. dengan kontribusi sebesar 70,8%; (2) terdapat
pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru yang dinyatakan
dengan persamaan regresi sederhana Ŷ = 69,564 + 0,290X2 dengan kontribusi
sebesar 27,3%; (3) terdapat pengaruh iklim sekolah terhadap kinerja guru yang
dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana Ŷ = 53,808 + 0,412X3 dengan
kontribusi sebesar 34,9% dan (4) terdapat pengaruh supervisi akademik,
kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru yang
dinyatakan dengan persamaan regresi ganda Ŷ = 30,327 + 0,860 X1 + -0,089 X2 +
0,028 X3 dengan kontribusi sebesar 91,1%.
Saran dari peneliti adalah : (1) dinas pendidikan melakukan mengadakan
kegiatan diklat yang berkaitan dengan peningkatan kinerja guru.; (2) kepala
sekolah hendaknya selalu mengadakan supervisi sesuai dengan ketentuan dan
prosedur, berusaha pemimpin yang baik serta menciptakan iklim sekolah yang
kondusif agar guru merasa nyaman dan lebih bersemangat dalam bekerja sehingga
akan berpengaruh dengan meningkatnya kinerja guru.; dan (3) guru perlu
mempertahankan jalinan yang harmonis diantara personil sekolah dan saling
mendukung satu dengan lain agar iklim sekolah menjadi kondusif.
Kata Kunci : Supervisi Akademik, Kepemimpinan Kepala Sekolah,
Iklim Sekolah, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Sep 2024 06:43
Last Modified: 23 Sep 2024 06:43
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4613

Actions (login required)

View Item
View Item