ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMA INSTITUT INDONESIA SEMARANG PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV)

Hilmaliani, Nanik (2024) ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMA INSTITUT INDONESIA SEMARANG PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV). Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Nanik Hilmaliani.pdf] Text
Nanik Hilmaliani.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan numerasi siswa SMA Institut Indonesia Semarang pada materi aljabar, khususnya di kelas XI. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan triangulasi teknik. Numerasi harus diingatkan dan didukung oleh sekolah supaya siswa mempunyai kemampuan matematika yang tinggi. Jenis soal AKM numerasi bermacam-macam, antara lain:
pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, isian singkat, menjodohkan dan esai. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah peraturan pemerintah yang dilakukan untuk mengukur dan memastikan bahwa keterampilan dan pengetahuan
minimum yang diperlakukan untuk mrlaksanakan atau pekerjaan tertentu. Peneliti mengambil subjek dengan mempertimbangkan data tertentu, artinya subjek yang dipilih tidak secara acak namun sesuai kebutuhan. Hasil yang diperoleh 1) Siswa
yang menyelesaikan soal AKM numerasi dengan bentuk soal pilihan ganda sebesar 92,8% yaitu 26 siswa dari 28 siswa. Siswa mampu menyelesaikan soal dengan baik dan siswa memenuhi 3 indikator numerasi; 2) Siswa yang menyelesaikan soal AKM nuerasi dengan bentuk soal pilihan ganda kompleks sebesar 7,1% yaitu 2 siswa dari 28 siswa. Siswa cukup mampu menyelesaikan soal pilihan ganda kompleks karena
kurang teliti dalam menganalisis soal, siswa memenuhi 2 indikator; 3) Siswa yang menyelesaikan soal AKM numerasi dengan soal isian singkat sebesar 75% yaitu 14
siswa dari 28 siswa. Siswa mampu menyelesaikan soal bentuk menjodohkan dengan runtut. Siswa mampu memenuhi 2 indikator numerasi; 4) Siswa yang mampu menyeleaikan soal AKM numerasi dengan bentuk soal menjodohkan sebesar 50% yaitu 21 siswa dari 28 siswa. Siswa mampu menyelesaikan soal isian singkat dengan baik, siswa memenuhi 3 indikator; 5) Siswa yang mampu menyelesaikan soal AKM numerasi dengan bentuk soal uraian/essay sebesar 3,5% yaitu 1 siswa dari 28 siswa.
Siswa mampu menyelesaikan bentuk soal uraian/essay dengan baik, siswa memenuhi 3 indikator.
Kata kunci: Numerasi, Kemampuan Numerasi, SPLTV

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Sep 2024 04:45
Last Modified: 23 Sep 2024 04:45
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4609

Actions (login required)

View Item
View Item