MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ‘ALAMIN DI MI TAUFIQIYAH KOTA SEMARANG

Widihastuti, Fithriyah (2024) MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ‘ALAMIN DI MI TAUFIQIYAH KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Tesis_Fithriyah W_NPM 21510141 - Fithriyah Widihastuti.pdf] Text
Tesis_Fithriyah W_NPM 21510141 - Fithriyah Widihastuti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Fithriyah Widihastuti, 2024. Manajemen Kurikulum Merdeka dalam
Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin di
MI Taufiqiyah Kota Semarang. Tesis, Program Pascasarjana, Manajemen
Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Pembimbing I: Dr. Muhdi, SH., MHum,
Pembimbing II: Dr. Nurkolis, M.M.
Penelitian di MI Taufiqiyah Kota Semarang menunjukkan bahwa kepala
madrasah dan guru memerlukan pemahaman mendalam tentang Kurikulum
Merdeka untuk memperkuat Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar
Rahmatan Lil 'Alamin, terutama dalam penguatan karakter siswa. Penyesuaian
manajemen dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan
pengawasan, serta pelatihan bagi guru dan kerjasama dengan mitra, sangat
penting untuk memastikan implementasi yang efektif dan inovatif.
Fokus pnelitian ini pada empat aspek utama dalam manajemen
Kurikulum Merdeka di MI Taufiqiyah, yaitu perencanaan, pengorganisasian,
pelaksanaan, dan pengawasan. Keempat aspek ini dieksplorasi dalam konteks
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil
'Alamin.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis
perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan Kurikulum
Merdeka dalam konteks Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil
Pelajar Rahmatan Lil Alamin di MI Taufiqiyah di Kota Semarang , dengan tujuan
memahami bagaimana madrasah tersebut mempersiapkan dan mengelola
implementasi kurikulum secara menyeluruh.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif, yang bertujuan memahami fenomena secara holistik melalui
deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa
Hasil penelitian menunjukkan bahwa MI Taufiqiyah telah secara aktif
mempersiapkan ekosistem pendidikan untuk implementasi P5PPRA melalui
pelatihan guru, pembentukan tim fasilitator, dan pemantauan berkala.
Meskipun terdapat tantangan dalam infrastruktur dan pengawasan, kolaborasi
yang efektif serta upaya peningkatan kompetensi guru memastikan
keberhasilan program dalam mengembangkan keterampilan praktis siswa dan
membentuk karakter yang kritis, dinamis, dan inovatif.
Saran untuk memperkuat karakter peserta didik di MI Taufiqiyah
meliputi: 1) Pelatihan berkelanjutan untuk guru, 2) Pengembangan kurikulum
yang relevan, 3) Penerapan proyek kolaboratif antar guru, 4) Pemanfaatan
teknologi dalam pembelajaran, 5) Penciptaan lingkungan belajar yang
mendukung, dan 6) Evaluasi serta umpan balik yang konsisten dengan
penghargaan untuk inovasi. Implementasi saran-saran ini diharapkan dapat
meningkatkan kesiapan peserta didik menghadapi tantangan di masa depan.
Kata Kunci: Kreatif, berpikir kritis dan inovatif, Kolaborasi Eksternal, Evaluasi
Kinerja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Sep 2024 04:38
Last Modified: 23 Sep 2024 04:38
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4607

Actions (login required)

View Item
View Item