PRAMESTHI, NANA HEXADA DEWI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PERMAINAN RODA PINTAR PADA MATA PELAJARAN IPAS UNTUK SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI BANGGI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Nana Hexada Dewi Pramesthi.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi dan hasil wawancara yang menyatakan masih kurangnya penggunaan media pembelajaran berbasis game edukatif yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.
Media pembelajaran yang digunakan masih berupa media gambar. Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di kelas masih berpusat pada guru belum bisa membuat siswa berfikir secara mandiri, sehingga siswa sering merasa bosan,
bermain dan berbicara sendiri dengan temannya, serta siswa belum fokus berkonsentrasi dalam pembelajaran. Peneliti berinovasi mengembangkan produk media pembelajaran berbasis game edukatif yang digunakan dengan prinsip visual
dengan rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana karakteristik pengembangan media pembelajaran papan permainan roda pintar pada mata pelajaran IPAS Bab 1 Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi pada Topik A Bagian Tubuh Tumbuhan untuk siswa kelas IV di SD Negeri Banggi? (2) Bagaimana kevalidan pengembangan media pembelajaran papan permainan roda pintar pada mata
pelajaran IPAS Bab 1 Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi pada Topik A Bagian Tubuh Tumbuhan untuk siswa kelas IV di SD Negeri Banggi? (3) Bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran papan permainan roda pintar pada mata pelajaran IPAS Bab 1 Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi pada Topik A
Bagian Tubuh Tumbuhan untuk siswa kelas IV di SD Negeri Banggi?.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan penilaian validasi ahli
materi pembelajaran, validasi ahli media pembelajaran, angket respon guru, dan angket respon siswa. Hasil penilaian rata-rata validasi ahli materi pembelajaran dan validasi ahli media pembelajaran adalah 93% dengan kategogi “Sangat Valid”. Hasil perhitungan angket respon guru adalah 97% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil perhitungan angket respon siswa adalah 98% dengan kategori “Sangat Layak”. Kesimpulannya bahwa pengembangan media pembelajaran papan
permainan roda pintar sesuai dengan karakteriktik pengembangan, valid dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas.
Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan adalah media pembelajaran papan permainan roda pintar diharapkan dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas. Perlu dikembangkan pada materi lainnya dengan
menggunakan media pembelajaran papan permainan roda pintar. Penelitian dan pengembangan selanjutnya diharapkan dapat menyempurnakan penelitian ini.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, IPAS.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 04:29 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 04:29 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4605 |