PENGARUH PROMOSI, CITRA MEREK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SITUS E COMMERCE BUKALAPAK MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Rusmawati, Nadilla Putri (2024) PENGARUH PROMOSI, CITRA MEREK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SITUS E COMMERCE BUKALAPAK MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Nadilla Putri Rusmawati.pdf] Text
Nadilla Putri Rusmawati.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu perkembangan bisnis dalam internet adalah dengan adanya electronic commerce atau yang biasa dikenal dengan e – commerce. Ecommerce adalah proses perdagangan (pembelian, penjualan, pertukaran produk, jasa, atau informasi) yang dilakukan melalui komputer atau perangkat lain yang biasanya
terhubung dengan internet. Ada banyak e – commerce yang sudah ada di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan lain – lain, dengan banyaknya e – commerce yang muncul di Indonesia ini membuat persaingan bisnis jual – beli online melalui e – commerce semakin ketat. Persaingan yang
ketat tersebut akan membuat salah satu e – commerce mengalami penurunan penjualan, salah satunya adalah pada e – commerce Bukalapak. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi, citra
merek, dan kualitas pelayanan terhadap Keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening pada e – commerce Bukalapak. Metode penelitian yaitu menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa S1 Universitas PGRI Semarang yang menggunakan atau mengetahui e – commerce Bukalapak, Sampel pada penelitian ini sebanyak 97 responden.
Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan melakukan observasi dan penyebaran kuesioner. Teknik pengolahan data menggunakan aplikasi SmartPLS berdasarkan dari penelitian ini, maka hasil penelitian yang diperoleh
bahwa promosi berpengaruh dalam meningkatkan Keputusan pembelian dengan P– Value sebesar (0.024), citra merek tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian dengan P -Value sebesar (0.300), kualitas
pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian dengan P – Value sebesar (0.000), promosi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan P-Value sebesar (0.268), citra merek
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan P-Value sebesar (0.001), kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli
dengan P-Value sebesar (0.002), promosi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli dengan P-Value sebesar (0.268), citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli dengan P-Value sebesar (0.004), dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian melalui minat
beli dengan P-Value sebesar (0.022).
Kata Kunci : Promosi, Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian, Minat Beli

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Sep 2024 04:15
Last Modified: 23 Sep 2024 04:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4602

Actions (login required)

View Item
View Item