PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM APLIKASI PENGENALAN TATA SURYA DENGAN FITUR QUIZ MENGGUNAKAN ALGORITMA LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM)

ASHARI, LOGI (2023) PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM APLIKASI PENGENALAN TATA SURYA DENGAN FITUR QUIZ MENGGUNAKAN ALGORITMA LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM). Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of LOGI ASHARI 18670060.pdf] Text
LOGI ASHARI 18670060.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pengenalan Tata Surya merupakan proses belajar yang penting dalam bidang
astronomi. Namun, metode pembelajaran yang saat ini digunakan di SDN 01
Bulaksari masih bersifat konvensional, menggunakan buku, poster, dan gambar
sebagai media penyampaian materi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk
membuat aplikasi media pembelajaran pengenalan Tata Surya dengan
memanfaatkan teknologi augmented reality berbasis Android. Aplikasi ini
diharapkan dapat mempermudah pemahaman siswa terhadap materi Tata Surya
dan menjadi media pembelajaran yang menarik bagi guru. Pembuatan aplikasi ini
menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri
dari enam tahap, yaitu concept (konsep), design (perancangan), material
collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (pengujian), dan
distribution (distribusi). Aplikasi pengenalan Tata Surya ini menyajikan materi
pembelajaran, objek 3D, dan fitur quiz. Untuk membuat fitur quiz lebih menarik,
digunakan algoritma Linear Congruent Method (LCM) dalam mengacak
pertanyaan. Berdasarkan hasil black box testing mendapatkan hasil 100% dengan
melibatkan 3 responden dosen informatika. Dalam melakukan white box testing
menggunakan perhitungan cyclomatic complexity dengan 2 rumus mendapatkan
hasil 4. Pengujian akurasi marker memiliki 3 cara, yang pertama pengujian
berdasarkan cahaya mendapatkan hasil ketika marker dengan pencahayaan terang
dan normal marker masih dapat memunculkan objek 3D, yang kedua pengujian
berdasarkan jarak dengan jarak 20 cm sampai 50 cm marker dapat terdeteksi dan
menampilkan objek 3D, yang ketiga pengujian berdasarkan kemiringan
mendapatkan hasil kemiringan 0 derajat sampai 45 derajat marker dapat
terdeteksi. Pengujian oklusi mendapatkan hasil 10% - 70% marker yang tertutup
masih bisa terdeteksi. Pengujian user acceptance test (UAT) dengan 10 hasil
responden, pada aspek desain mendapat nilai 92.4%, pada aspek materi mendapat
nilai 94%, dan pada aspek informasi mendapat nilai 94.4%.
Kata Kunci : Augmented Reality, Tata Surya, Media Pembelajaran, MDLC,
Aplikasi Android, Linear Congruent Method (LCM)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 03 Jan 2024 03:32
Last Modified: 03 Jan 2024 03:32
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/46

Actions (login required)

View Item
View Item