PENGEMBANGAN MEDIA MAIN BERAS (MAJALAH INTERAKTIF BELAJAR IPAS) BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI TUMBUHAN, SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

APRILIANI, NADIA ANGGUN (2024) PENGEMBANGAN MEDIA MAIN BERAS (MAJALAH INTERAKTIF BELAJAR IPAS) BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI TUMBUHAN, SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of NADIA ANGGUN APRILIANI.pdf] Text
NADIA ANGGUN APRILIANI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV di SDNegeri 02 Medayu terdapat kendala dalam proses pembelajaran khususnya dalam mata pelajaran IPAS materi tumbuhan, sumber kehidupan di bumi. Salah satu kendala yang dialami oleh siswa yaitu siswa merasa bosan dan jenuh saat pelajaran IPAS. Selain itu guru hanya menggunakan buku pendamping, LKS, dan sesekali penayangkan video pembelajaran namun siswa masih tidak tertarik dengan hal tersebut.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran “Main Beras” berbasis augmented reality pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 02 Medayu?. 2) Apakah pengembangan media pembelajaran “Main Beras” berbasis augmented reality pada materi tumbuhan, sumber kehidupan di bumi untuk siswa kelas IV SD Negeri 02 Medayu memenuhi nilai kevalidan?. 3) Bagaimana respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran “Main Beras” berbasis augmented reality pada materi tumbuhan,
sumber kehidupan di bumi untuk siswa kelas IV SD Negeri 02 Medayu ?. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan, mengetahui kevalidan, dan respon guru serta siswa terhadap media pembelajaran “Main Beras” berbasis augmented reality pada mata pelajaran IPAS
kelas IV SD Negeri 02 Medayu. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D
(Research & Development) dari tahap penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementasi, and Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 02 Medayu dengan sempel yang diambil sejumlah 18 siswa. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, observasi, dan angket.
Hasil penilaian kevalidan media pembelajaran Main Beras dinyatakan valid. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi ahli media sebesar 85,62% dan ahli materi sebesar 91,87%. Diperoleh hasil persentase dari angket guru sebesar 100% dan
angket siswa sebesar 91,70% dengan kategori “sangat sesuai”. Sehingga didapatkan hasil, media pembelajaran Main Beras pada materi tumbuhan, sumber kehidupan di bumi di kelas IV SD Negeri 02 Medayu yang dikembangkan layak digunakan dalam
pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:51
Last Modified: 23 Sep 2024 03:51
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4597

Actions (login required)

View Item
View Item