Budiyanto, Budiyanto (2024) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, BUDAYA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN JAPAH KABUPATEN BLORA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
TESIS_Budiyanto_NPM. 22510060.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Budiyanto. 2024. Pengaruh Supervisi Akademik, Budaya Sekolah dan Motivasi
Kerja Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Japah
Kabupaten Blora. Tesis. Pembimbing I Dr. Ngurah Ayu Nyoman Murniati, M.Pd.
dan Pembimbing II Dr. Rosalina BR Ginting, M.Si.
Latar belakang penelitian ini adalah kenyataan yang menunjukkan
rendahnya kompetensi pedagogik guru sekolah dasar di Kecamatan Japah
Kabupaten Blora yang dipengaruhi oleh supervisi akademik, budaya sekolah, dan
motivasi kerja.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui besarnya pengaruh
supervisi akademik terhadap kompetensi pedagogik guru sekolah dasar di
Kecamatan Japah Kabupaten Blora; (2) Mengetahui besarnya pengaruh budaya
sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru sekolah dasar di Kecamatan Japah
Kabupaten Blora; (3) Mengetahui besarnya pengaruh motivasi kerja terhadap
kompetensi pedagogik guru sekolah dasar di Kecamatan Japah Kabupaten Blora;
dan (4) Mengetahui besarnya pengaruh supervisi akademik, budaya sekolah, dan
motivasi kerja terhadap kompetensi pedagogik guru sekolah dasar di Kecamatan
Japah Kabupaten Blora.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dan jenis
penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru sekolah
dasar di Kecamatan Japah Kabupaten Blora sebanyak 191 guru dengan jumlah
sampel penelitian 129 guru. Untuk menjawab hipotesis yang ditetapkan dilakukan
dengan uji regresi sederhana dan uji regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan
supervisi akademik terhadap kompetensi pedagogik guru dengan besarnya
pengaruh 48,0%; (2) terdapat pengaruh signifikan budaya sekolah terhadap
kompetensi pedagogik guru dengan besarnya pengaruh 55,5%; (3) terdapat
pengaruh signifikan motivasi kerja terhadap kompetensi pedagogik guru dengan
besarnya pengaruh 70,5%; (4) terdapat pengaruh signifikan supervisi akademik,
budaya sekolah, dan motivasi kerja terhadap kompetensi pedagogik guru dengan
besarnya pengaruh 71,2%.
Disarankan kepada guru untuk meningkatkan kemampuan dalam
melaksanakan
kegiatan
pembelajaran
dengan
menyusun
perencanaan
pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa serta melaksanakan
pembelajaran dengan menerapkan berbagai model pembelajaran inovatif.
Kata kunci : kompetensi pedagogik, supervisi akademik, budaya sekolah,
motivasi kerja
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 03:47 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 03:47 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4596 |