SETYAWATI, ARIANI NUR (2024) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, DISIPLIN GURU DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
TESIS_ARIANI NUR SETYAWATI_NPM 23516026.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Nur Setyawati, Ariani. 2024. Pengaruh Supervisi Akademik, Disiplin Guru dan
Budaya Kerja terhadap Kinerja Guru SD Negeri Kecamatan Pedurungan
Kota Semarang. Tesis. Pembimbing I Dr. Widya Kusumaningsih, M.Pd. dan
Pembimbing II Dr. Joko Sulianto, M.Pd
Kinerja guru harus dimiliki oleh semua guru dalam mengelola pembelajaran
di kelas agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dari proses perencanaan,
pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.Tujuan dari penelitian ini
untuk: 1) mengetahui dan menganalisis pengaruh supervisi akademik terhadap
kinerja guru. 2) mengetahui dan menganalisis pengaruh disiplin guru terhadap
kinerja guru. 3) mengetahui dan menganalisis pengaruh budaya kerja terhadap
kinerja guru. 4) mengetahui dan menganlisis pengaruh pengaruh supervisi
akademik, disiplin guru dan budaya kerja terhadap kinerja guru.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini
menggunakan penelitian korelasional. Populasi penelitian ini 358 guru dan sampel
penelitian 189 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data
diskriptif, uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji
heteroskedastisitas, uji linieritas dan uji hipotesis meliputi regresi linier sederhana
dan berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) korelasi antara supervisi akademik
terhadap kinerja guru sebasar 0.993. pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja
guru sebesar 98,6 %, 2) korelasi antara disiplin guru terhadap kinerja guru sebasar
0.893. pengaruh disiplin guru terhadap kinerja guru sebesar 79,8 %, 3) korelasi
antara budaya kerja terhadap kinerja guru sebasar 0.910. pengaruh budaya kerja
terhadap kinerja guru sebesar 82,9 %, 4) korelasi antara supervisi akademik,
disiplin guru dan budaya kerja terhadap kinerja guru sebasar 0.994. pengaruh
supervisi akademik, disiplin guru dan budaya kerja terhadap kinerja guru sebesar
98,9 %.
Simpulan penelitian ini adalah supervisi akademik, disiplin guru dan budaya
kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,994 atau 98,9%. Penulis menyarankan agar
guru melakukan evaluasi dan mengembangkan pembelajaran, kemudian guru juga
dapat mengikuti pelatihan dan seminar agar dapat meningkatkan kinerja guru.
Kata Kunci: Supervisi Akademik, Disiplin Guru, Budaya Kerja, Kinerja Guru
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 03:42 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 03:42 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4595 |