PENGARUH PERAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PROFESIONALISME GURU SD DI KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG

WULANDARI, AGUSTIN (2024) PENGARUH PERAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PROFESIONALISME GURU SD DI KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Tesis_Agustin Wulandari.pdf] Text
Tesis_Agustin Wulandari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)

Abstract

Wulandari,Agustin. 2024. “Pengaruh Peran Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru
terhadap Profesionalisme Guru sekolah dasar di Kecamatan Ambarawa
Kabupaten Semarang”. Tesis. Pembimbing I Dr. Widya Kusumaningsih, M.Pd
dan Pembimbing II Dr. Joko Sulianto,M.Pd
Latar Belakang dalam penelitian ini adalah kenyataan yang menunjukkan
bahwa Profesionalisme Guru masih rendah. Peran Kepala Sekolah yang lemah
dapat menyebabkan rendahnya Profesionalisme Guru dan Kompetensi Guru yang
kurang baik dapat mempengaruhi Profesionalisme Guru yang berujung pada
pencapaian tujuan pendidikan.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui besarnya pengaruh
Peran Kepala Sekolah terhadap Profesionalisme Guru sekolah dasar di Kecamatan
Ambarawa Kabupaten Semarang, (2) untuk mengetahui besarnya pengaruh
Kompetensi Guru terhadap Profesionalisme Guru sekolah dasar di Kecamatan
Ambarawa Kabupaten Semarang, (3) untuk mengetahui besarnya pengaruh Peran
Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru terhadap Profesionalisme Guru sekolah
dasar di Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang.
Populasi penenlitian ini adalah semua sekolah dasar di Kecamatan
Ambarawa Kabupaten Semarang yang berjumlah 290 orang, dan dengan sampel
168 orang dengan menggunakan tekhnik proporsional random sampling. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuisioner.
Hasil Penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh yang
signifikan Peran Kepala Sekolah terhadap Profesionalisme Guru yang dinyatakan
dalam persamaan Ŷ= 43.338 + 0,658X1 dengan kekuatan korelasi sebesar 0,793
dengan besaran kontribusi 0,629= 62,9%, artinya bahwa besaran pengaruh
variabel X1 terhadap Y adalah sebesar 62,9 % dan sisanya 37,1% dipengaruhi
oleh faktor lain. Hipotesis pertama terbukti. (2) terdapat pengaruh yang
signifikan Kompetensi Guru terhadap profesionalisme guru yang dinyatakan
dalam persamaan Ŷ= 40.463 + 0,535X2 dengan kekuatan korelasi sebesar 0,692
dengan besaran kontribusi 0,479 = 47,9%, artinya bahwa pengaruh variabel X2
terhadap Y sebesar 47,9% dan sisanya 52,14% dipengaruhi faktor lain. Hipotesis
kedua terbukti. (3) terdapat pengaruh yang signifikan peran kepala sekolah dan
kompensasi guru terhadap profesionalisme guru yang dinyatakan dengan
persamaan Y= =16,574 + 0,492 X1 + 0,296 X2 dengan kontribusi sebesar 0,195
atau 19,5 % nilai ini menunjukkan bahwa 73,3 % Profesionalisme Guru honorer
dipengaruhi oleh Peran Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru. Sisanya 26.7%
dipengaruhi oleh variabel lain. Hipotesis 3 terbukti.
Saran dari peneliti agar guru menigikuti pelatihan penyusunan instrumen
penilaian hasil belajar. Bagi kepala sekolah dapat melaksanakan supervisi yang
baik bagi guru dalam peningkatan profesionalisme Guru. Bagi dinas pendidikan
mengadakan pelatihan penyusunan intsrumen supervisi guru.
Kata Kunci : Profesionalisme Guru, Peran Kepala Sekolah, Kompetensi
Guru

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:38
Last Modified: 23 Sep 2024 03:38
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4592

Actions (login required)

View Item
View Item