IMPLEMENTASI PROGRAM ANTI BULLYING DI SMP NEGERI 1 KOTA SALATIGA

Widyawati, Wiwik Dwi (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM ANTI BULLYING DI SMP NEGERI 1 KOTA SALATIGA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of TESIS WIWIK_22510020_FIX.pdf] Text
TESIS WIWIK_22510020_FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Wiwik Dwi Widyawati. NPM. 22510020. Judul “Implementasi Program
Anti Bullying di SMP Negeri 1 Kota Salatiga” program Pascasarjana Universitas
PGRI Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. A. Y. Soegeng Ysh., M. Pd., Pembimbing
II Dr. Ngasbun Egar, M. Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program anti
bullying di SMP Negeri 1 Kota Salatiga. Pendekatan yang digunakan pada
penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen.. Adapun teknik analisis data
menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data
menggunakan triangulasi teknik, waktu, dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan implementasi
program anti bullying dengan melakukan sosialisasi dari dinas terkait dan
sosialisasi kepada warga sekolah dan orangtua/ wali/ Komite; identifikasi
kebutuhan dengan melakukan pemetaan awal kondisi sekolah, penyusunan
kebijakan, konsultasi anak, pembentukan TIM SRA sudah terpenuhi dengan sangat
baik, karena semua indikator sudah dilaksanakan. (2) Pelaksanaan implementasi
program anti bullying dengan melaksanakan enam komponen yaitu kebijakan
program anti bullying; pelaksanaan proses pembelajaran program anti bullying;
pendidik dan tenaga kependidikan terlatih hak-hak anak; sarana dan prasarana;
partisipasi anak; dan partisipasi orangtua/ wali/ Komite dan juga oleh lembaga
masyarakat, dunia usaha, pemangku kepentingan lainnya, dan alumni sudah
terpenuhi dengan baik meskipun ada tiga poin yang kurang terpenuhi karena masih
belum terlaksana. (3) Evaluasi implementasi program anti bullying belum terpenuhi
dikarenakan yang sudah dilaksanakan baru evaluasi setiap ada rapat pembinaan dan
evaluasi akhir tahun pembelajaran. Jadi belum mengikuti panduan evaluasi yang
ada.
Peneliti menyarankan agar DP3APPKB mengadakan pelatihan hak anak
bagi para pendidik dan melakukan pemantauan dan pengawasan bagi sekolah yang
sudah dicanangkan sebagai Sekolah ramah anak. Bagi Dinas Pendidikan hendaknya
juga sebagai tim eksternal selalu memantau dan mengawasi program agar
terlaksana sesuai dengan alurnya. Bagi sekolah untuk mengikuti pelatihan hak anak
yang diselenggarakan oleh DP3APPKB atau mencari sendiri narasumbernya. Juga
literasi juknis program ditingkatkan lagi agar dapat menyesuaikan panduan yang
ada.
Kata kunci: implementasi, anti bullying, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:31
Last Modified: 23 Sep 2024 03:31
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4590

Actions (login required)

View Item
View Item