WARTIIN, WARTIIN (2024) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, SARANA PRASARANA, DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP MUTU LULUSAN SD NEGERI DI KECAMATAN TODANAN KABUPATEN BLORA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
TESIS WARTIIN Fix.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
WARTIIN. 2024. “Pengaruh Supervisi Akademik, Sarana Prasarana Dan
Kompetensi Profesional Guru Terhadap Mutu Lulusan SD Negeri Di Kecamatan
Todanan Kabupaten Blora”. Semarang: Pascasarjana Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I: Dr. Widya Kusumaningsih, M. Pd. Pembimbing II: Dr.
Soedjono, M.Si.
Penelitian ini berkaitan dengan mutu lulusan pada satuan pendidikan, salah
satunya dipengaruhi oleh supervisi akademik. Supervisi akademik kepala
sekolah kepada guru dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kualitas
pendidikan secara berkelanjutan di sekolah. Dengan melaksanakan supervisi
akademik secara terprogram dan berkesinambungan akan tercapai layanan proses
pembelajaran bermutu. Pembelajaran yang dipimpin oleh guru yang berkualitas
dan didukung oleh tenaga pendidikan yang baik akan meningkatkan prestasi
peserta didik. Berdasarkan penjelasan di atas, maka dilaksanakan penelitian
analisis Pengaruh Supervisi Akademik, Sarana Prasarana Dan Kompetensi
Profesional Guru Terhadap Mutu Lulusan SD Negeri Di Kecamatan Todanan
Kabupaten Blora.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis: (1) pengaruh
Supervisi akademik terhadap mutu lulusan, (2) pengaruh sarana prasarana
terhadap mutu lulusan, (3) kompetensi profesional guru terhadap mutu lulusan,
dan
(4) pengaruh Supervisi akademik, sarana prasarana dan kompetensi
profesional guru secara simultan terhadap mutu lulusan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) hasil uji Chi Square,
Asymptotic Significance (2-sided), menunjukkan signifikansi sebesar 0,000 <
0,05 dengan nilai Pearson Chi-Square sebesar 3057,364. Ha1 diterima, sehingga
terdapat pengaruh supervisi akademik terhadap mutu lulusan; (2) hasil uji Chi
Square, Asymptotic Significance (2-sided), menunjukkan signifikansi sebesar
0,000 < 0,05 dengan nilai Pearson Chi-Square sebesar 3768,199. Ha2 diterima,
sehingga terdapat pengaruh Sarana Prasarana terhadap mutu lulusan; (3) hasil uji
Chi Square, Asymptotic Significance (2-sided), menunjukkan signifikansi sebesar
0,000 < 0,05 dengan nilai Pearson Chi-Square sebesar 3007,482. Ha3 diterima,
sehingga terdapat pengaruh Kompetensi Profesionalitas Guru terhadap mutu
lulusan.
.Saran yang diajukan peneliti adalah: (1) perlu melakukan pemeriksaan
tindak lanjut dan meningkatkan frekuensi pendampingan ke sekolah oleh
pengawas terkait dengan Supervisi Akademik kepala sekolah (2) Sekolah perlu
melakukan perbaikan menyeluruh pada bangunan sekolah dengan memanfaatkan
dana BOS dan dukungan pemerintah daerah.
Kata Kunci: Supervisi Akademik, Sarana Prasarana, Kompetensi Profesional Guru,
Mutu Lulusan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 03:19 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 03:19 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4588 |