PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP DIGITALISASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN PAGUYANGAN

Sulastri, Sulastri (2024) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP DIGITALISASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN PAGUYANGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of TESIS Sulastri.pdf] Text
TESIS Sulastri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sulastri. 2024.“Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi
Kerja Guru terhadap Digitalisasi Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri
Kecamatan Paguyangan”. Tesis. Pembimbing: (1) Dr. Nurkolis, M.M; (2) Dr.
Widya Kusumaningsih, M.Pd.
Permasalahan utama penelitian ini adalah (1) adakah pengaruh positif gaya
kepemimpinan kepala sekolah terhadap Digitalisasi Pembelajaran di Sekolah Dasar
Negeri Kecamatan Paguyangan?, (2) adakah pengaruh positif motivasi kerja guru
terhadap Digitalisasi Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan
Paguyangan?, (3) adakah pengaruh positif gaya kepemimpinan kepala sekolah, dan
motivasi kerja guru terhadap Digitalisasi Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri
Kecamatan Paguyangan?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh
gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara parsial
maupun bersama- sama (simultan) terhadap Digitalisasi Pembelajaran di Sekolah
Dasar Negeri Kecamatan Paguyangan?.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi
penelitian ini sebanyak 403 orang dan sampel sebanyak 200 orang. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Uji instrumen menggunakan uji
validitas dan reliabilitas. Analisis data meliputi analisis uji normalitas, uji
linieritas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis meliputi
analisis regresi tunggal, regresi linier berganda yang terdiri uji t, Uji F (ANOVA).
Hasil penelitian dan olah data dijabarkan sebagai berikut: (1) Pengaruh
gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap digitalisasi pembelajaran di sekolah
sebesar 0,974 pada kategori kuat dengan nilai R square 94,8% dengan persamaan
regresinya Y = -2.506 + 1.269X1. (2) Pengaruh Motivasi kerja guru terhadap
digitalisasi pembelajaran di sekolah sebesar 0,339 termasuk kategori rendah
dengan nilai R square sebesar 11,5 % dengan persamaan regresinya Ŷ = 61.604 +
0,310 X2. (3) Pengaruh simultan terhadap digitalisasi pembelajaran di sekolah
sebesar 0,948 pada kategori sangat kuat dengan nilai R square 94,8% dengan
persamaan regresinya Ŷ = -0.561 + 1.275X1 – 0.013X2. Berdasar temuan diatas
maka: (1) Kepala sekolah mendorong kolaborasi antar sekolah dalam penerapan
digitalisasi pembelajaran, (2) Kepala sekolah mendukung pengembangan
professional guru dalam peningkatan keterampilan digital, (3) Guru terlibat
inisiatif digitalisasi pembelajaran dalam penggunaan teknologi pembelajaran dan
pengembangan kurikulum digital.
Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Dimensi Direktif, Motivasi
Kerja, Digitalisasi Pembelajaran, Learning Skills.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:15
Last Modified: 23 Sep 2024 03:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4586

Actions (login required)

View Item
View Item