PENGARUH KOMPETENSI LITERASI DIGITAL GURU DAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI TERHADAP KINERJA GURU SMP DI KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT KALIMANTAN TENGAH

LESTARI, SULASTRI (2024) PENGARUH KOMPETENSI LITERASI DIGITAL GURU DAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI TERHADAP KINERJA GURU SMP DI KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT KALIMANTAN TENGAH. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of TESIS Sulastri Lestari.pdf] Text
TESIS Sulastri Lestari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sulastri Lestari. 2024. “Pengaruh Kompetensi Literasi Digital Guru dan Kegiatan
Pengembangan Diri Guru Terhadap Kinerja Guru SMP di Kabupaten Kotawaringin
Barat, Kalimantan Tengah”. Tesis. Pembimbing I Dr. Ngasbun Egar, M.Pd.
Pembimbing II Dr. Endang Wuryandini, M.Pd. dan Penguji I Dr. Noor Miyono, M.Si.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) apakah kompetensi literasi
digital guru berpengaruh tehadap kinerja guru SMP di Kabupaten Kotawaringin Barat?
(2) apakah kegiatan pengembangan diri guru berpengaruh tehadap kinerja guru SMP di
Kabupaten Kotawaringin Barat? (3) apakah kompetensi litasi digital guru dan kegiatan
pengembangan diri guru berpengaruh tehadap kinerja guru SMP di Kabupaten
Kotawaringin Barat?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Literasi Digital Guru
dan Pengembangan Diri Guru dapat mempengaruhi Kinerja Guru SMP Negeri
Akreditasi A di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Metode
pengumpulan data dilakukan melalui koesioner yang disebarkan kepada guru SMP
Negeri Akreditasi A di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.sampel
yang diambil seluruh guru yang berjumlah 118 responden. Data yang diperoleh
kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu SPSS Versi 2021. Analisis ini
meliputi uji validitas, uji reabilitas, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil uji T
Test menunjukkan bahwa variabel Literasi Digital Guru dan Pengembangan Diri Guru
secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru SMP Negeri
Akreditasi A di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Sedangkan untuk
Uji F Test menunjukkan variabel Literasi Digital Guru dan Pengembangan Diri Guru
secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Akreditasi
A di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.
Kata kunci : Literasi Digital Guru, Pengembangan Diri Guru, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:09
Last Modified: 23 Sep 2024 03:09
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4585

Actions (login required)

View Item
View Item