PENGARUH KOMPENSASI, MOTIVASI KERJA, DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI TAMAN KANAK-KANAK KECAMATAN NGAMPEL KABUPATEN KENDAL

Haryanti, Sri (2024) PENGARUH KOMPENSASI, MOTIVASI KERJA, DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI TAMAN KANAK-KANAK KECAMATAN NGAMPEL KABUPATEN KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of TESIS SRI HARYANTI FULL 26  ..pdf] Text
TESIS SRI HARYANTI FULL 26 ..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Haryanti, Sri. 2024. “Pengaruh Kompensasi, Motivasi Kerja, Dan Budaya
Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Ngampel
Kabupaten Kendal”. Semarang: Pascasarjana Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing: (1) Dr. Ngurah Ayu Nyoman M., M.Pd.; (2) Dr. Muhammad
Prayito, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang masalah penelitian ini berkaitan kinerja guru Taman
Kanak-Kanak Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal yang kurang optimal.
Selain itu pemberian kompensasi yang belum layak untuk banyak guru TK, guru
kurang semangat dalam mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1)
pengaruh kompensasi terhadap kinerja guru, (2) pengaruh motivasi kerja terhadap
kinerja guru, (3) pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja guru, (4) pengaruh
kompensasi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru secara simultan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi
penelitian adalah 100 orang guru Taman Kanak-Kanak Kecamatan Ngampel
Kabupaten Kendal dengan sampel populasi 100 guru. Analisis penelitian meliputi
analisis uji validitas, reliabilitas, normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas,
dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis meliputi uji t, uji F, regresi sederhana dan
uji regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kompensasi berpengaruh positif
dan signifikan terhadap Kinerja Guru. Hal ini berdasar hasil Uji t, terbukti hasil
thitung ≥ ttabel yaitu 4,269 > t tabel 1,98, dan nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,; (2)
Motivasi Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru. Hal ini
berdasarkan hasil uji t terbukti thitung l yaitu 7,252 ≥ 1,98, dan nilai Sig (2-tailed)
0,000 < 0,05; (3) Budaya Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Kinerja Guru. Hal ini berdasarkan hasil uji t terbukti thitung ≥ ttabel 8,605 ≥ 1,9809,
dan nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05; (4) Kompensasi, Motivasi Kerja dan Budaya
Sekolah secara simultan berpengaruh terhadap variabel Kinerja Guru diperoleh
nilai lFhitung > lFtabel (37,137 > l2,70) dan nilai signifikansinya 0,000 < 0,005.
Saran bagi Dinas Pendidikan perlu untuk meningkatkan kinerja guru dan
kompensasi bagi guru TK. Bagi Kepala Sekolah untuk meningkatkan kompensasi,
motivasi, dan budaya sekolah.
Kata kunci:
perencanaan kinerja, insentif, motivasi ekstrinsik, stabilitas
budaya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:04
Last Modified: 23 Sep 2024 03:04
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4583

Actions (login required)

View Item
View Item