Muntamah, Siti (2024) PENGARUH KEMAMPUAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI, SARANA PRASARANA, DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SD NEGERI SE KECAMATAN TODANAN KABUPATEN BLORA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
TESIS SITI MUNTAMAH .pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Siti Muntamah. 2024. Pengaruh Kemampuan Teknologi Informasi Komunikasi,
Sarana Prasarana, Dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Mutu Pendidikan
SD Negeri Se Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Program Studi Manajemen
Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang.
Tesis.
Pembimbing I: Dr. Widya Kusumaningsih, M. Pd. dan Pembimbing II: Dr.
Soedjono, M.Si.
Mutu pendidikan SD di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora dinilai
masih rendah, sehingga harus mendapatkan solusi yang tepat untuk mengatasinya.
Kemampuan teknologi Informasi komunikasi, sarana prasarana, dan kompetensi
profesional guru merupakan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan
mutu pendidikan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan seberapa
besar: (1) pengaruh kemampuan teknologi informasi komunikasi terhadap mutu
pendidikan; (2) pengaruh kemampuan sarana prasarana terhadap mutu pendidikan;
(3) pengaruh kompetensi profesional guru terhadap mutu pendidikan; dan (4)
pengaruh kemampuan teknologi informasi komunikasi, sarana prasarana, dan
kompetensi profesional guru terhadap mutu pendidikan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis
penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini seluruh guru Sekolah Dasar
Negeri di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora sebanyak 435 guru yang tersebar
di 45 sekolah dengan sampel sejumlah 208 guru. Pengambilan sampel dengan
teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis
data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Uji prasyarat dan uji hipotesis
menggunakan program IBM SPSS 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh kemampuan
teknologi informasi komunikasi terhadap mutu pendidikan sebesar 30,6% dengan
persamaan regresi Y = 51,763 + 0,686X1; (2) terdapat pengaruh sarana prasarana
terhadap mutu pendidikan sebesar 31,8% dengan persamaan regresi Y = 54,529 +
0,490X2; (3) terdapat pengaruh kompetensi profesional guru terhadap mutu
pendidikan sebesar 35,7% dengan persamaan regresi 46,594 + 0,790X3; dan (4)
terdapat pengaruh kemampuan teknologi informasi komunikasi, sarana prasarana,
dan kompetensi profesional guru terhadap mutu pendidikan sebesar 49,5% dengan
persamaan regresi Y = 12,149 + 0,387X1 + 0,198X2 + 0,446X3.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan
bahwa variabel kompetensi profesional guru paling besar pengaruhnya terhadap
mutu pendidikan Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora.
Kata kunci : mutu pendidikan, kemampuan teknologi informasi komunikasi,
sarana prasarana, kompetensi profesional guru
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 02:49 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 02:49 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4579 |