MANAJEMEN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH REGULER UNTUK PENYEDIAAN ALAT MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DI SDN 2 PENYANGKRINGAN KECAMATAN WELERI KABUPATEN KENDAL

HANDAYANI, RONA ASWURI (2024) MANAJEMEN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH REGULER UNTUK PENYEDIAAN ALAT MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DI SDN 2 PENYANGKRINGAN KECAMATAN WELERI KABUPATEN KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of TESIS RONA.pdf] Text
TESIS RONA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rona Aswuri Handayani, 2024 “Manajemen Bantuan Operasional Sekolah
Reguler untuk Penyediaan Alat Multimedia Pembelajaran di SDN 2
Penyangkringan Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal”. Tesis, Pembimbing (1)
Dr. Titik Haryati, M.Si, (2) Dr. Rosalina Br. Ginting, M.Si.
Konteks penelitian ini adalah SD Negeri 2 Penyangkringan yang
mempunyai keunggulan yaitu menjadi satu-satunya Sekolah Dasar Negeri yang
memaksimalkan pengadaan alat multimedia pembelajaran di kecamatan Weleri
melalui manajemen dana BOS reguler yang baik, sehingga mampu memiliki alat
multimedia pembelajaran yang lengkap. Keberhasilan ini tentunya tidak lepas dari
peran kepala sekolahn dan bendahara BOS sekolah. Tujuan penelitian ini adalah
mendiskripsikan dan menganalisis: 1)perencanaan dan penganggaran dana BOS
reguler
untuk
penyediaan
alat
multimedia
pembelajaran
di
SDN
2
Penyangkringan, 2)pelaksanaan penatausahaan dana BOS reguler untuk
penyediaan alat multimedia pembelajaran di SDN 2 Penyangkringan, dan
3)pelaporan dan pertanggungjawaban dana BOS reguler untuk penyediaan alat
multimedia pembelajaran di SDN 2 Penyangkringan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus di
SDN 2 Penyangkringan kecamatan Weleri, dilakukan pada bulan juli-agustus
2024. Melalui langkah penelitian meliputi : 1) menyusun rencana penelitian, 2)
memilih lapangan penelitian, 3) mengurus perijinan, 4) Menjajaki dan menilai
lapangan, 5) Memilih dan memanfaatkan informasi, 6) Menyiapkan perlengkapan
penelitian. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan
data: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang
digunakan adalah interaktif model dari Miles, Huberman yang meliputi:
pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan simpulan.
Pengecekan
keabsahan
data
menggunakan
perpanjangan
pengamatan,
meningkatkan ketekunan, triangulasi, mengadakan membercheck, pengujian
transferability, depennability, dan konfirmability.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan dan penganggaran
dana BOS reguler untuk penyediaan alat multimedia pembelajaran sudah
dilaksanakan dengan baik melalui penyusunan ARKAS berdasarkan kebutuhan
satuan pendidikan dan hasil evaluasi diri sekolah, (2) Pelaksanaan penatausahaan
dana BOS reguler untuk penyediaan alat multimedia pembelajaran sudah
dilakukan dengan baik oleh bendahara BOS sekolah melalui penginputan data ke
dalam sistem aplikasi BOS kementrian setiap saat. (3) Pelaporan dan
pertanggungjawaban dana BOS reguler untuk penyediaan alat multimedia
pembelajaran telah dilakukan dengan baik yaitu melalui pelaporan pada aplikasi
BOS dan ARKAS yang tepat waktu.
Kata kunci: Manajemen dana BOS reguler, Alat multimedia pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Sep 2024 02:42
Last Modified: 23 Sep 2024 02:42
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4578

Actions (login required)

View Item
View Item