PENGEMBANGAN MEDIA JAKUBA (JARING-JARING KUBUS BALOK) BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK KELAS V SD N MERNUNG

Cahyani, Nabilla Regita (2024) PENGEMBANGAN MEDIA JAKUBA (JARING-JARING KUBUS BALOK) BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK KELAS V SD N MERNUNG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_NABILLA REGITA CAHYANI_20120235.pdf] Text
SKRIPSI_NABILLA REGITA CAHYANI_20120235.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran yang digunakan guru dalm pembelajaran matematika sebagai pendukung pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru hanya menggunakan buku LKS dan papan tulis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana karateristik media jakuba (jaring-jaring kubus balok) berbasis augmented reality untuk kelas V SD N Mernung?, 2) Bagaimana kevalidan media jakuba (jaring-jaring kubus balok) berbasis augmented reality untuk kelas V SD N Mernung?, 3) Bagaiamana kepraktisan media jakuba (jaring-jaring kubus balok) berbasis augmented reality untuk kelas V SD N Mernung?, 4) Bagaiaman keberterimaan media jakuba (jaring-jaring kubus balok) berbasis augmented reality untuk kelas V SD N Mernung? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui karateristik, kevalidan, kepraktisan, dan keberterimaan media jakuba (jaring-jaring kubus balok) berbasis augmented reality untuk kelas V SD Mernung.
Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development. Pengembangan media jakuba (jaring-jaring kubus balok) berbasis augmented reality hanya sampai pada tahap kelima yaitu merevisi hasil uji coba. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan di kelas V SD N Mernung. Hasil dari evaluasi yang sudah didapat dari guru dan siswa berupa angket penilaian kepraktisan dan keberterimaan menyatakan bahwa media augmented reality sudah layak digunakan sebagai pendamping media interaktif untuk guru dan siswa. Hasil penelitian diperoleh dari validasi ahli media, hasil dari ahli media menunjukan persentase 95%. Hasil angket kepraktisan guru mata pelajaran matematika menunjukkan persentase 94% dan hasil angket keberterimaan siswa menunjukkan persentase 93%. Hal ini dapat disimpulakn bahwa media augmented reality yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat Layak” dalam pembelajaran kelas V.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah media jakuba (jaring-jaring kubus balok) berbasis augmented reality kelas V dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Sep 2024 03:15
Last Modified: 20 Sep 2024 03:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4575

Actions (login required)

View Item
View Item