PROFESIONALIME GURU DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN DAN KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI BOTOSENGON 1

Rachmawati, Erie Shania Umu (2024) PROFESIONALIME GURU DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN DAN KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI BOTOSENGON 1. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI-ERIE SHANIA UMU RACHMAWATI-17120254.pdf] Text
SKRIPSI-ERIE SHANIA UMU RACHMAWATI-17120254.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya perbedaan tingkat pendiidkan dan kreativitas guru di SD N Botosengon 1. Hal ini menyebabkan adanya perbedaan kualitas pembelajaran dan mempengaruhi semangat belajar siswa dimasing-masing kelas.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana profesionalisme guru ditinjau dari tingkat pendidikan di SD Negeri Botosengon 01 ?,2) Bagaimana profesionalisme guru ditinjau dari kreativitas guru dalam Pembelajaran di SD Negeri Botosengon 01 ?.Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah Mendeskripsikan profesionalisme guru ditinjau dari tingkat pendidikan dan kreativitas di SD Negeri Botosengon 01.
Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I s/d VI yang berjumlah 6 guru. Instrumen yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik reduksi, penyajian data, dan conclusion drawing. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan dapat dijadikan patokan dalam keprofesionalan guru karena tingkat pendidikan menunjang keprofesionalan seorang guru, akan tetapi tidak dominan. Sedangkan untuk kreativitas guru dalam pembelajaran dapat dijadikan patokan yang dominan
terhadap profesionalisme guru. Artinya, bahwa tingkat pendidikan dan kreativitas dalam mengajar memiliki keterkaitan dengan profesionalisme guru karena
keduanya menunjang dalam profesionalisme guru dengan perannya masing-masing.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah guru kelas yang bersangkutan agar lebih berinovasi dan berkreasi lagi sehingga dapat menjadikan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan. Guru hendaknya dapat menyeimbangkan tercapainya tingkat pendidikan dengan kreativitas mengajar dikelas. Guru dapat lebih banyak membaca tentang artikel pendidikan untuk memperkaya wawasan tentang dunia pendiidkan. Guru juga dapat mengembangkan dirinya dengan terus belajar IT dan memanfaatkan platfon online seperti canva, Quizz dan lainnya
Kata kunci : tingkat pendidikan, kreativitas mengajar, dan profesionalisme guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Sep 2024 02:49
Last Modified: 20 Sep 2024 02:49
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4573

Actions (login required)

View Item
View Item