Andrean, Ronald (2024) ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI SEMBUNGHARJO 01 KECAMATAN GENUK KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Skripsi_Ronald Andrean 19120110.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini yaitu ketika pelaksanaan proses belajar mengajar berlangsung di kelas di, terdapat perilaku-perilaku yang bervariasi yang tampak pada siswa, hal itu menunjukkan perbedaan karakteristik gaya belajar setiap siswa di SD Negeri Sembungharjo 01, khususnya siswa yang berprestasi. Maka mengetahui gaya belajar setiap siswa merupakan hal yang sangat penting, karena siswa mempunyai kecenderungan pada gaya belajar, untuk mengelola informasi yang diterima dengan cepat dan mudah dipahami.
Fokus penelitian ini pada masalah yaitu bagaimana gaya belajar siswa berpretasi di Sekolah Dasar Negeri Sembungharjo 01 Kecamatan Genuk?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar siswa berprestasi di Sekolah Dasar Negeri Sembungharjo 01 Kecamatan Genuk.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan tentang gaya belajar siswa berprestasi di Sekolah Dasar Negeri Sembungharjo 01 Kecamatan Genuk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak sembilan siswa berprestasi di Sekolah Dasar Negeri Sembungharjo 01 Kecamatan Genuk mempunyai gaya belajar yang beragam yakni gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik. Tetapi, setiap siswa mempunyai kecenderungan gaya belajarnya sendiri, seperti siswa DAPS dan NPS dari kelas V A memiliki kecenderungan gaya belajar visual. Siswa AVPS dari kelas V A, FNFA dari kelas VI A, serta RAN dan KAM dari kelas VI B memiliki kecenderungan gaya belajar auditorial. Sedangkan siswa NMZ, RMF, dan FNR dari kelas VI A cenderung dalam gaya belajar kinestetik.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah bagi sekolah diharapkan dapat mempertahankan atau terus meningkatkan prestasi siswa.
Bagi guru hendaknya dapat mengetahui gaya belajar siswa dalam proses belajar mengajar, sehingga guru dapat mengenali bagaimana gaya belajar setiap siswanya dalam menangkap, mengolah, dan menyimpan informasi atau materi pelajaran yang
diberikan. Sedangkan untuk siswa supaya dapat memahami dan mengoptimalkan gaya belajarnya, sehingga siswa dapat meraih hasil belajar yang maksimal, guna meningkatkan prestasi dan mewujudkan cita-cita yang diinginkan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 02:44 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 02:44 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4572 |