Mulyono, Pri (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA ORGANISASI, DAN PENGUASAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SD DI KECAMATAN BOGOREJO KABUPATEN BLORA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
TESIS PRI MULYONO.pdf
Download (2MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru SD di Kecamatan Bogorejo Kabupaten Blora?; (2) Apakah terdapat pengaruh budaya
organisasi terhadap kompetensi profesional guru SD di Kecamatan Bogorejo Kabupaten Blora; (3) Apakah terdapat pengaruh penguasaan teknologi informasi terhadap kompetensi profesional guru SD di Kecamatan Bogorejo Kabupaten Blora?; dan (4) Apakah terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, dan penguasaan teknologi informasi terhadap kompetensi profesional guru SD di Kecamatan Bogorejo Kabupaten Blora?
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui besarnya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru SD di Kecamatan Bogorejo Kabupaten Blora; (2) Mengetahui besarnya pengaruh budaya organisasi terhadap kompetensi profesional guru SD di Kecamatan Bogorejo Kabupaten Blora; (3) Mengetahui besarnya pengaruh penguasaan
teknologi informasi terhadap kompetensi profesional guru SD di Kecamatan Bogorejo Kabupaten Blora; (4) Mengetahui besarnya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, dan penguasaan teknologi informasi terhadap
kompetensi profesional guru SD di Kecamatan Bogorejo Kabupaten Blora.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah semua guru sekolah dasar di Kecamatan Bogorejo Kabupaten Blora berjumlah 158 guru. Jumlah sampel
penelitian 113 guru. Analisis penelitian ini meliputi analisis uji normalitas, uji liniearitas, uji homogenitas, dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis meliputi uji
regresi sederhana dan uji regresi ganda. Untuk menganalisis data menggunakan fasilitas program SPSS 22.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru sebesar 52,0%; (2) terdapat pengaruh signifikan budaya organisasi terhadap kompetensi
profesional guru sebesar 42,7%; (3) terdapat pengaruh signifikan penguasaan teknologi informasi terhadap kompetensi profesional guru sebesar 58,0%; (4) terdapat pengaruh signifikan kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, dan penguasaan teknologi informasi terhadap kompetensi profesional guru sebesar 62,3%.
Kata kunci : kompetensi profesional guru, kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, penguasaan teknologi informasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 07:34 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 07:34 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4564 |