PENGARUH LITERASI DIGITAL GURU DAN KOMUNITAS BELAJAR TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN SINGOROJO KABUPATEN KENDAL

ARBAIN, ARBAIN (2024) PENGARUH LITERASI DIGITAL GURU DAN KOMUNITAS BELAJAR TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN SINGOROJO KABUPATEN KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of TESIS ARBAIN.pdf] Text
TESIS ARBAIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya literasi digital dan keaktivan guru saat melaksanakan proses belajar mengajar, sehingga dapat mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi
rendah. Oleh karena itu, masalah literasi digital dan keaktivan guru dalam proses pembelajaran di sekolah harus diperhatikan lagi agar harapannya sekolah dapat
menjadi bukti bahwa kompetensi profesional guru berjalan dengan lancar.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) adakah pengaruh literasi digital guru terhadap kompetensi profesional guru di Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal, 2) adakah pengaruh keaktivan komunitas belajar terhadap kompetensi
profesional guru di Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal, 3) adakah pengaruh literasi digital guru dan keaktivan komunitas belajar terhadap kompetensi profesional guru di Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal.
Pendekatan penelitian ini kuantitatif dengan jenis korelasi. Tempat Penelitian ini dilakukan di SD Negeri di Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan April tahun
2024. Sampel penelitian yaitu sebesar 113, menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner. Uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas. Analisis data meliputi analisis deskriptif, uji hipotesis.
Hasil penelitian (1) terdapat pengaruh literasi digital terhadap kompetensi profesional guru berdasarkan nilai Fhitung dari literasi digital guru sebesar 288,910 sedangkan Ftabel sebesar 3,90 (288,910 > 3,90) dengan nilai Sig sebesar 0,000 <0,05. Adapun besar pengaruh yaitu 72,2%, (2) terdapat pengaruh keaktifan komunitas belajar terhadap kompetensi profesional guru berdasarkan nilai Fhitung
dari keaktivan komunitas belajar sebesar 90,025 sedangkan Ftabel sebesar 3,90 (90,025 > 3,90) dengan nilai Sig 0,000 < 0,05. pengaruh yang diberikan sebesar 44,8%, (3) terdapat pengaruh literasi digital guru dan keaktivan komunitas belajar secara bersama-sama terhadap kompetensi profesional guru berdasarkan nilai Fhitung dari literasi digital guru dan keaktivan komunitas belajar secara bersama-sama sebesar 197,363 sedangkan Ftabel sebesar 3,90 (197,363 > 3,90) dengan nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05. Pengaruh yang diberikan sebesar 77,8%. Kesimpulan bahwa terdapat pengaruh literasi digital guru dan keaktifan komunitas belajar Terhadap kompetensi profesional guru di Sekolah Dasar di
Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal. Saran penelitian supaya kepala sekolah bisa mendukung kegiatan komunitas belajar dan literasi digital guru.
Kata Kunci : Peningkatan kualitas mengajar guru

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Sep 2024 06:33
Last Modified: 18 Sep 2024 06:33
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4553

Actions (login required)

View Item
View Item