ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN TIKTOK TERHADAP ELEMEN AKHLAK PRIBADI DIMENSI BERIMAN BERTAQWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA DAN BERAKHLAK MULIA FASE C SEKOLAH DASAR

RAHAYU, MODHI (2024) ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN TIKTOK TERHADAP ELEMEN AKHLAK PRIBADI DIMENSI BERIMAN BERTAQWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA DAN BERAKHLAK MULIA FASE C SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of MODHI RAHAYU.pdf] Text
MODHI RAHAYU.pdf

Download (3MB)

Abstract

MODHI RAHAYU. NPM 20120326. “Analisis Dampak Penggunaan TikTok
Terhadap Elemen Akhlak Pribadi Dimensi Beriman Bertaqwa Kepada Tuhan
Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia Fase C Sekolah Dasar”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. 2024. Dosen Pembimbing I: Dr. Iin Purnamasari, S.Pd., M.Pd.
Dosen Pembimbing II: Henry Januar Saputra, S.Pd., M.Pd.
Merosotnya martabat manusia (dehumanisasi) dalam fenomena penggunaan
media sosial, salah satunya penggunaan platform TikTok yang secara meluas tak
terkecuali peserta didik sekolah dasar. Banyak anak menyukai penggunaan TikTok
dan mempengaruhi perilaku, sopan santun, kejujuran, keadilan, tanggung jawab,
kedisiplinan, dan kerja keras. Perlu adanya mengkaji dampak penggunaan TikTok
pada peserta didik di Sekolah Dasar, agar mendapatkan pola strategi guru dalam
penggunaan TikTok untuk memaksimalkan dampak positif dan meminimalkan
dampak negatif terhadap elemen akhlak pribadi Fase C Sekolah Dasar.
Fokus penelitian ini yaitu menganalisis dampak penggunaan TikTok
terhadap elemen akhlak pribadi dimensi beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa dan berakhlak mulia Fase C Sekolah Dasar. Adapun tujuan penelitian
ini adalah Menganalisis pengaruh penggunaan TikTok, Mengkaji intesitas
penggunaan TikTok, Menelaah Informasi penggunaan TikTok, serta mendesain
pola atau strategi guru dalam penggunaan TikTok pada peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan pendekatan
fenomenologi. Data penelitian diambil dengan teknik triangulasi menggunakan 4
metode yaitu observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Setting penelitian
dilakukan di SD Negeri 1 Temulus Kabupaten Blora. Subjek penelitian adalah
peserta didik Fase C, wali kelas Fase C, kepala sekolah, serta orangtua peserta
didik Fase C. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan TikTok
memiliki dampak bagi elemen akhlak pribadi Fase C diantaranya dalam sisi
positif berupa peserta didik lebih aktif dan ekspresif percaya diri serta
komunikatif, kreatif, menambah pengetahuan melalui informasi terupdate dari
TikTok. Sedangkan sisi negatifnya berupa menjadi pemalas, hilangnya sopan
santun, emosi tidak stabil, kurang tanggungjawab dan peduli dengan lingkungan.
Kemudian untuk meningkatkan nilai-nilai akhlak mulia melalui informasi edukatif
dapat dimulai dari jenis konten seperti kutipan bijak, pengajaran nilai melalui
game, cerita inspiratif, pelajaran etika dan moral melalui kartun, mempelajari
lingkungan, serta aktivitas dan tantangan positif. Lebih lanjut untuk
memaksimalkan dan meminimalkan dampak penggunaan TikTok adalah dengan
mengadakan pengendalian serta pengawasan bijak dalam beretika digital.
Saran untuk peserta didik dalam penggunaan TikTok adalah dengan
melakukan pengawasan dan pengendalian baik dari orangtua ataupun dari pihak
sekolah untuk menjaga akhlak pribadi yang mulia.
Kata kunci: Dampak, TikTok, Akhlak Pribadi, Peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Sep 2024 04:30
Last Modified: 18 Sep 2024 04:30
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4542

Actions (login required)

View Item
View Item