Nurhidayah, Siti (2024) MANAJEMEN MUTU AKADEMIK SDIT CAHAYA UMMAT KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Siti Nurhidayah.pdf
Download (2MB)
Abstract
Nurhidayah, Siti. 2024. “ Manajemen Mutu Akademik SDIT Cahaya Ummat
Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang”. Tesis. Pembimbing I Dr. Rasiman,
M.Pd. dan pembimbing II Dr. Sumarno, M.Pd.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis
perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan mutu akademik
SDIT Cahaya Ummat Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif,
subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan
data dilakukan secara triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif, dan
hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Perencanaan peningkatan mutu
pendidikan ini direncanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan mutu
pendidikan di SDIT Cahaya Ummat. Sedangkan kelemahan dimensi ini adalah
penentuan visi, misi dan tujuan perlu pembaharuan dalam jangka beberapa tahun,
musyawarah tidak dapat dilakukan sewaktu-waktu; 2)Pengorganisasian, dalam
pengorganisasian untuk meningkatkan mutu pendidikan di SDIT Cahaya Ummat
sudah melibatkan berbagai pihak, dan dapat membagi tugas dengan proporsional
sesuai dengan tupoksinya sehingga membangkitkan semangat kerja tim dalam
mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan serta mengkomunikasikan
tentang harapan yang tinggi dan tantangan kerja yang harus dihadapi bersama
sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di SDIT Cahaya Ummat.
Kelemahan pengorganisasian adalah ada beberapa tenaga pendidik yang masih
belum memaksimalkan kredibilitasnya dalam melaksanakan tugas, sehingga
mengakibatkan kesenjangan dari hasil yang dicapai; 3)Pelaksanaan peningkatan
mutu pendidikan, peneliti menyimpulkan bahwasanya Sekolah telah memberi
perhatian kepada anggotanya untuk meningkatkan prestasi. Dengan demikian
seorang bawahan yang mendapat perhatian dari sekolah akan meningkatkan
kinerja dan prestasi guna mencapai visi yang diharapkan bersama. Pada akhirnya
perhatian sekolah inilah salah satu yang dapat meningkatkan mutu pendidikan di
SDIT Cahaya Ummat. Kelemahan dimensi ini adanya beberapa guru yang kurang
loyalitasnya dengan meninggalkan sekolah karena mendaftar sebagai PPPK
(Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja); 4)Pengawasan pelaksanaan
peningkatan mutu pendidikan, peneliti menyimpulkan bahwa pengawasan yang
dilakukan berkesinambungan akan sangat berguna untuk dapat mencapai tujuan
peningkatan mutu pendidikan di SDIT Cahaya Ummat. Sekolah mampu
mendorong para anggotanya berpikir kreatif, dan menemukan solusi setiap terjadi
masalah dalam organisasi sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di SDIT
Cahaya Ummat.
Kata Kunci: Manajemen, mutu, akademik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 07:49 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 07:49 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4534 |