Putri, Martiana Anisa (2024) PERAN MEDIASI CITRA MEREK PADA PENGARUH PEMASARAN SOSIAL MEDIA, ULASAN ONLINE KONSUMEN, DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PADA GENERASI MILENIAL PENGGUNA PRODUK MAYBELLINE DI KOTA SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Martiana Anisa Putri 20810259.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Dunia bisnis pada saat sekarang ini berkembang dan berubah dengan sangat
pesat dalam berbagai bidang. Salah satu persaingan di dunia bisnis yang cukup ketat
dalah di industri kosmetik, dengan semakin banyaknya pesaing di bidang yang sama
membuat perusahaan harus lebih jeli dalam mengatur strategi agar tetap bisa
bertahan di tengah persaingan yang ada. Brand kosmetik yang beredar di Indonesia
sangat beragam mulai dari brand lokal hingga brand internasional dengan berbagai
varian produk dan keunggulannya masing-masing. Masuknya Maybelline dalam
kategori kosmetik internasional yang paling banyak digunakan di Indonesia
membuktikan bahwa produk ini sudah cukup familiar dan memiliki citra merek
yang baik di Indonesia hal ini lah yang menarik mengenai faktor apa saja yang
mempengaruhi minat beli sehingga Maybelline tetap menjadi brand yang banyak
digunakan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis
pengaruh mediasi citra merek pada pengaruh pemasaran sosial media, ulasan online
konsumen, dan harga terhadap minat beli pada generasi milenial pengguna produk
Maybelline di Kota Semarang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif dengan pendekatan
kuantitatif dan sampel penelitiannya adalah 180 responden wanita generasi milenial
pengguna Maybelline di Kota Semarang. Metode penghitungan jumlah sampel
menggunakan rumus Slovin dan teknik pengambilan sampel dengan cara purposive
sampling. Penelitian ini menggunakan analisis jalur untuk menganalisis data
dengan bantuan program SmartPLS 3.
Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) pemasaran sosial media
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, (2) Ulasan Online
Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli , (3) harga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, (4) pemasaran sosial media
berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, (5) ulasan online
konsumen tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek , (6) harga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, (7) citra merek
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, (8) pemasaran sosial media
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan citra merek sebagai
variabel intervening, (9) ulasan online konsumen berpengaruh positif dan signifikan
terhadap minat beli dengan citra merek sebagai variabel intervening, (10) harga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan citra merek sebagai
variabel intervening.
Kata Kunci: Pemasaran Sosial Media, Ulasan Online Konsumen, Harga,
Minat Beli, Citra Merek.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 07:41 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 07:41 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4530 |