AINI, ZALFA ALYA QURROTU (2023) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMP N 7 PEMALANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Zalfa Alya 19110012.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Peran orang tua dalam mengasuh anak memberikan keterampilan dasar
seperti pendidikan dasar, sikap dan ajaran agama, sopan santun, tata krama,
estetika, kasih sayang, rasa aman dan kepatuhan, serta nilai-nilai pembiasaan
menanamkan cara pandang dan perilaku sesuai dengan apa yang diajarkan di
sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang
tua dengan prestasi belajar siswa.
metode yang digunakan penulis adalah metode korelasi, yakni melihat
bentuk hubungan antara variabel-variabel yang diteliti. Metode korelasi ini
bertujuan untuk mengetahui hubungan antara suatu variabel dengan variabel�variabel lain. Populasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 7
Pemalang, yang berjumlah 266 siswa. dalam penelitian ini menggunakan rumus
isac dan miracel dengan taraf kesalahan 5% sehingga dari populasi 266 sampel
yang digunakan adalah 149 Siswa Kelas VIII. Untuk sampel yang akan digunakan
dalam penelitian adalah simple random sampling. Simple random sampling yaitu
teknik acak dengan mengambil anggota sampel dari populasi tanpa
memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian tentang “Hubungan Pola Asuh Orang Tua
Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa SMP N 7 Pemalang” dapat simpulkan
bahwa prestasi belajar siswa di SMP Negeri 7 Pemalang memiliki tingkat kategori
sedang dengan persentase 34%. Sementara pola asuh orang tua siswa di SMP
Negeri 7 Pemalang pada kategori sangat rendah dengan persentase 33,4%. Pada
variabel prestasi belajar dan pola asuh orang tua memiliki persentase tertinggi
yang sama yaitu 12% dengan rerata pada variabel prestasi belajar sebesar 81.36
dan 73.00 pada variabel pola asuh orang tua
Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 07:35 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 07:35 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/453 |