MANAJEMEN KOMUNITAS BELAJAR PROFESIONAL UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI BANDARJO 03, UNGARAN BARAT, KABUPATEN SEMARANG

ICHWAN, MUHAMAD (2024) MANAJEMEN KOMUNITAS BELAJAR PROFESIONAL UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI BANDARJO 03, UNGARAN BARAT, KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MUHAMAD ICHWAN.pdf] Text
MUHAMAD ICHWAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ichwan, Muhamad. 2024. “Manajemen Komunitas Belajar Profesional Untuk
Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD Negeri Bandarjo 03, Ungaran Barat,
Kabupaten Semarang”. Tesis. Pembimbing; (1) Dr. Rasiman, M. Pd; (2) Dr.
Sumarno, M. Pd.
Komunitas belajar mendukung guru, tenaga kependidikan dan
pendidik lainnya untuk dapat mendiskusikan dan menyelesaikan berbagai
masalah pembelajaran yang dihadapi saat implementasi Kurikulum Merdeka.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana perencanaan komunitas
belajar di SD Negeri Bandarjo 03 Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten
Semarang?, (2) bagaimana pengorganisasian komunitas belajar di SD Negeri
Bandarjo 03 Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang?, (3) bagaimana
pelaksanaan komunitas belajar di SD Negeri Bandarjo 03 Kecamatan Ungaran
Barat Kabupaten Semarang?, (4) bagaimana evaluasi komunitas belajar di SD
Negeri Bandarjo 03 Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang?. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mendesripsikan perencanaan, pengorganisasian
pelaksanaan, dan evaluasi komunitas belajar di SD Negeri Bandarjo 03
Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang.
Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus, subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru,
koordinator Komunitas Belajar, tim fasilitator Komunitas Belajar. Teknik
pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data
yang digunakan adalah analisi kualitatif meliputi pengumpulan data, reduksi data,
display data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan komunitas belajar di
SDN Bandarjo 03 Ungaran Barat Kabupaten Semarang diawali dengan rapat
pemebentukan tim komunitas belajar, pembentukan komunitas belajar SBAGA
Ceria dan sosialisasi prorgram, kegiatan yang belum terlakasna adalah menelaah
hasil belajar siswa dan membangun komitmen bersama dna kesepakatan tata nilai
barwa. (2) Pengorganisasian komunitas belajar di SDN Bandarjo 03 Ungaran
Barat Kabupaten Semarang dilakukan dengan membentuk struktur organisasi
komunitas belajar melalui surat keputusan kepala sekolah, (3) Pelaksanaan
komunitas belajar di SDN Bandarjo 03 Ungaran Barat Kabupaten Semarang
terdiri dari kegiatan persiapan dan menentukan materi. Pelaksanaan komunitas
belajar diadakan setiap Sabtu setiap bulannya, termasuk penyampaian materi oleh
narasumber dan pembuatan aksi nyata di PMM. Materi yang disampaikan
meliputi review modul P5, pembelajaran berbasi TPACK, review ATP, RPP dan
modul ajar, PMM (platform mengajar merdeka), review bahan ajar, menyusun
asesemen, dan sebagainya, (4) Evaluasi komunitas belajar di SDN Bandarjo 03
meliputi kegiatan evaluasi program kerja komunitas dan refleksi dengan
mendampingi rekan sejawat dalam menerapkan pembelajaran dalam kegiatan
belajar mengajar sesungguhnya yang dijalankan.
Kata kunci: komunitas belajar, mutu pendidikan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 11 Sep 2024 06:35
Last Modified: 11 Sep 2024 06:35
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4519

Actions (login required)

View Item
View Item