Nurrohman, Moh (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN REMBANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Moh. Nurrohman.pdf
Download (15MB)
Abstract
Nurrohman, Moh. 2024. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya
Sekolah, Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SMA Negeri
di Kabupaten Rembang. Tesis. Pembimbing I: Dr. Yovitha Juliejantiningsih, M.Pd. dan
Pembimbing II: Dr. Maryanto, M. Si.
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah
terhadap kompetensi pedagogik guru, pengaruh budaya sekolah terhadap kompetensi
pedagogik guru, pengaruh motivasi kerja terhadap kompetensi pedagogik guru dan
mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah dan motivasi kerja
secara bersama-sama terhadap kompetensi pedagogik guru SMA Negeri di kabupaten
Rembang.
Dalam usaha meningkatkan kompetensi pedagogik guru ada beberapa faktor yang
perlu dikaji antara lain kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah dan motivasi kerja
guru. Peningkatan kompetensi pedagogik guru sangat memerlukan peran kepala sekolah
sebagai pemegang tampuk kepemimpinan tertinggi di sekolah. Kepemimpinan adalah
kemampuan untuk mempengaruhi, menggerakkan dan mengarahkan tindakan pada
seseorang atau kelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu pada situasi tertentu.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif karena data
penelitian berupa angka-angka yang diperoleh dari konversi data di lapangan berupa
angket atau kuesioner dan selanjutnya dianalisis menggunakan statistik. Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian ex post facto (non eksperimen). Populasi Dalam
penelitian ini yaitu seluruh guru sekolah menengah atas di kabupaten Rembang sebanyak
566 guru yang berasal dari 9 SMA negeri dengan sampel 100 orang dan teknik
pengambilan sampel didasarksn pada proportional random sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Korelasi kepemimpinan kepala sekolah dan
kompetensi pedagogik sebesar 0,670 termasuk kategori korleasi sangat kuat.
kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi
pedagogik sebesar 67 % sisanya 33 % kompetensi pedagogik dipengruhi oleh variabel
lain dengan persamaan regresinya berikut: Ŷ = 127.199 + 0, 734 X1. Korelasi budaya
sekolah dan kompetensi pedagogik sebesar 0,724 termasuk kategori korelasi sangat kuat.
Budaya sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi pedagogik
sebesar 72,4 % sisanya 27,6 % kompetensi pedagogik dipengruhi oleh variabel diluar
budaya sekolah dengan persamaan regresinya berikut: Ŷ = 9,568 + 0,787 X2.. Korelasi
motivasi kerja dan kompetensi pedagogik sebesar 0, 631 termasuk kategori sangat kuat.
Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi pedagogik sebesar
63,1 % sisanya 36,9 % kompetensi pedagogik dipengruhi oleh variabel lain dengan
persamaan regresinya Ŷ = 84,926 + 1,049 X3. Kepemimpinan kepala sekolah, budaya
sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kompetensi pedagogik sebesar 0,548 artinya bahwa besarnya pengaruh variabel
bebas terhadap kompetensi pedagogik sebesar 54,8 % dan sisanya 45,2 % dipengaruhi
selain ketiga variabel tersebut, regresi Ŷ = 68.678 + 0, 254 X1 + 0, 400 X2 + 0, 376 X3
Kesimpulan masih rendahnya dimensi kepemimpinan relasional kepala sekolah,
disarankan untuk mengembangkan dan memelihara kualitas hubungan individu dan
berinteraksi dengan orang lain secara menyentuh (sensitively) dan bermartabat dan
meningkatkan kualitas hubungan menginspirasi dan mengembangkan rasa kebersamaan
dan berbagi tanggungjawab. Masih rendahnya budaya sekolah dimensi stabilitas,
disarankan untuk meningkatkan konsistensi dalam melaksanakan tugas dengan cara
menyamakan visi sekolah dengan visi warga sekolah. Masih rendahnya motivasi kerja
x
dimensi motivasi internal, disarankan untuk senang dalam bekerja dan memiliki
tanggungjawab dari tugas yang diberikan. Masih rendahnya linkungan pembelajaran yang
berpusat pada peseta didik, disarankan untuk lebih meningkatkan pembelajaran yang
berpusat pada peseta didik seperti pengelolaan pendidikan karakter perilaku siswa dan
pembelajaran di dalam kelas dan luar kelas sehingga tumbuh rasa aman dan nyaman
disekolah.
.
Kata kunci :
kompetensi pedagogik, kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah,
motivasi kerja guru
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 06:17 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 06:17 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4515 |