PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROYEK DENGAN PENDEKATAN STEAM UNTUK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

DEVEGA, LIDYA SEPTIA (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROYEK DENGAN PENDEKATAN STEAM UNTUK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Lidya Septia Devega 22560002.pdf] Text
Lidya Septia Devega 22560002.pdf

Download (3MB)

Abstract

Devega, Lidya Septia. 2024. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Proyek dengan
Pendekatan Steam untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila”. Tesis. Pembimbing: (1) Prof.
Dr. Achmad Buchori, M.Pd. (2) Dr. Ida Dwijayanti, M.Pd.
Pembelajaran di kelas yang dilakukan oleh guru untuk memberikan pembelajaran yang
bermakna juga sebagai pondasi untuk jenjang selanjutnya bagi peserta didik. Profil Pelajar
Pancasila merupakan sejumlah ciri karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh
peserta didik, yang didasarkan nilai-nilai luhur Pancasila.
Analisis kebutuhan yang telah dilakukan dari tiga sekolah dasar yaitu SDN Mlatiharjo 01, SDN
Mlatiharjo 02, dan SDN Rejosari 01 untuk kelas 5. Informasi yang didapat adalah peserta didik lebih
senang menggunakan media apalagi media video atau media yang memiliki gambar bergerak pada
saat pembelajaran. Peserta didik tidak menyukai metode pembelajaran ceramah. Mereka lebih
menyukai tanya jawab, diskusi atau kerja kelompok. Apabila mengerjakan tugas secara individu,
ada beberapa peserta didik yang masih kurang percaya diri. Maka, Profil Pelajar Pancasila yang
ingin digali lagi yaitu dimensi mandiri dan bernalar kritis. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu
untuk penguatan profil pelajar Pancasila, mendeskripsikan kepraktisan pengembangan multimedia
interaktif berbasis proyek dengan pendekatan STEAM untuk penguatan profil pelajar Pancasila, dan
mendeskripsikan keefektifan penggunaan multimedia interaktif berbasis proyek dengan pendekatan
STEAM untuk penguatan profil pelajar Pancasila.
Subjek uji coba untuk penelitian yaitu kelas 5A Sekolah Dasar Negeri Rejosari 01 Kota
Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Reseach and Development (R & D). Metode ini
dipilih karena untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan dari pengembangan multimedia
interaktif, serta keefektifan dari penggunaan multimedia interaktif berbasis proyek dengan
pendekatan STEAM untuk penguatan Profil Pelajar Pancasila. Sementara itu, model pengembangan
yang digunakan model ADDIE. Model pengembangan ADDIE dipilih karena sistematis, sederhana,
evaluasi bisa dilakukan pada setiap tahapan untuk pengembangan multimedia interaktif. Tahapan
yang dilakukan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development,
Implementation, dan Evaluation. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan
deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini adalah validitas media dan materi dari multimedia pembelajaran dinyatakan
sangat valid karena skor perolehan angket ahli media 82% dan angket ahli materi 86%. Kepraktisan
multimedia pembelajaran sistem pencernaan dinyatakan sangat praktis untuk digunakan berdasarkan
angket dari guru 95% dan angket dari peserta didik 80%. Profil pelajar Pancasila untuk mandiri
berdasarkan hasil observasi sebanyak 78% sedangkan bernalar kritis 76%, sehingga pembelajaran
menggunakan multimedia interaktif pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan STEAM
memberikan hasil yaitu mampu membantu peserta didik untuk mandiri dan bernalar kritis. Hasil
dari uji t-test independent dari post test kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu sig. (2-tailed) 0,001
dan paired samples test sig. (2-tailed) dari pre test dan post test kelas eksperimen 0,000 artinya taraf
signifikasi ˂ 0,05 sehingga H0 ditolak. Jadi, terdapat perbedaan hasil yang lebih baik terhadap kelas
yang menggunakan multimedia interaktif atau kelas eksperimen. Maka, pengembangan multimedia
interaktif pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan STEAM efektif membantu
pembelajaran sistem pencernaan dan efektif memberikan penguatan Profil Pelajar Pancasila
berdasarkan hasil observasi elemen mandiri 78% dan bernalar kritis 76%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 11 Sep 2024 04:34
Last Modified: 11 Sep 2024 04:34
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4510

Actions (login required)

View Item
View Item